Keindahan Air Terjun Moramo Menjadi Primadona Konawe Selatan

Kamis, 26 Januari 2023 - 05:55
Bagikan :
Keindahan Air Terjun Moramo Menjadi Primadona Konawe Selatan
Pemandian Wisata Air Terjun Moramo [Foto: @wiratamaandry]
alfikr.id, Probolinggo- Air terjun itu memiliki ketinggian sekitar 100 meter berupa air terjun berundak, terdiri dari 7 undakan besar dan 60 undakan kecil, selain itu memiliki beberapa kolam yang bisa di jadikan tempat berendam dan pemandian.

Air terjun Moramo namanya. Terletak di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan.

Untuk sampai ke kawasan wisata tersebut para wisatawan harus melawati hutan dengan berjalan kaki sejau 1,4 kilometer. Meski begitu jauh, sepanjang perjalanan para wisatawan akan dimanjakan oleh view alam yang masih asri. Apalagi saat mendongakkan wajah ke arah atas nampak jelas suasana hutan yang masih belum terjamah.

Mengutip dari nativeindonesia.com treking pertama para wisatawan akan berjalan di jalan yang telah dicor semen. Di sebelah kanan jalan terdapat sungai kecil dengan warna sedikit kehijau-hujauan, sedangkan di sebelah kiri terdapat tanaman yang biasa tumbuh di sekitar gazebo.

Selanjutnya, setelah melewati dua jembatan para wisatawan akan bertemu dengan aliran sungai besar dan di tengah-tengah sungai terdapat pepohonan besar. Dan terakhir harus menaiki anak tangga yang cukup miring dan tinggi.

Setelah menaiki anak tangga yang cukup tinggi para penunjung akan disajikan view Air Terjun Moramo yang begitu indah dan masih begitu asri. Di beberapa undakan di tengah-tengah air yang mengalir  terdapat pepohonan besar dan hal itu menjadikan Air Terjun Moramo semakin indah.

Di beberapa titik air terjun, airnya ada yang berwarna sedikit keabu-abuan dan di titik air lainya berwarna kehijau-hijauan. Hal ini disebabkan karena aliran airnya melalui bebatuan kapur yang berada di sepanjang aliran air.

Di beberapa kolam air terajun tidaklah dalam sehingga aman untuk para anak-anak bermain, selain itu di beberapa titik terdapat tempat yang cocok untuk bermain bersama keluarga.

Air Terjun Moramo selain menjadi destinasi wisata alam dan keluarga, air terjun ini mampu menjadi menjadi destinasi wisata edukasi. Dikarenakan lokasinya terletak di Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa dan hal ini mampu menjadikan nilai edukasi tentang flora dan fauna.

Mengutip dari sultra.anatarnews.com pemandian Air Terjun Moramo di Desa Sumber Sari, Konawe Selatan merupakan salah satu destinasi wisata yang menembus 50 besar desa wisata terbaik dari 3.500 se-Indonesia.
Penulis
Zulfikar
Editor
Adi Purnomo S

Tags :