Timnas Indonesia Gagal Melaju ke Final Piala AFF U-16 Usai Dikalahkan Timnas Australia

Selasa, 02 Juli 2024 - 14:35
Bagikan :
Timnas Indonesia  Gagal Melaju ke Final Piala AFF U-16 Usai Dikalahkan Timnas Australia
Aksi Mierza Firjatullah saat Timnas Indonesia U-16 menghadapi Timnas Australia U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2024 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/7/2024) malam WIB. [Bola.com/Abdul Aziz]

alfikr.id, Surakarta- Semifinal Piala AFF U-16 mempertemukan Timnas Indonesia vs Timnas Australia di Stadion Manahan Surakarta, Senin malam (01/07/2024). Dari pertandingan ini, Timnas Indonesia harus mengakui kekalahan usai ditaklukan Timnas Australia dengan skor 3-5. 

Bermain sebagai tuan rumah, pasukan Garuda muda sudah mengambil inisiatif untuk melakukan serangan begitu peluit pertandingan di mulai. Alhasil, pada menit ke-4 Muhammad Zahaby Gholy meneruskan umpan silang panjang dari Mathew Baker hingga berhasil membuat Indonesia unggul 1-0 melalui sundulannya.

Tertinggal lebih dahulu, Timnas Australia melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Garuda muda. Beruntungnya, semua serangan yang dilancarkan anak asuh Brad Maloney  belum bisa menembus pertahanan yang dijaga kiper M. Nur Ichsan.

Peluang emas di dapat Australia pada menit ke-10 ketika Jordaan Graoroski lolos dari jebakan offside dan langsung berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Namun, tembakannya masih berhasil ditepis. Di sisi lain, Timnas Indonesia hanya memanfaatkan serangan balik cepat dan hampir menggandakan keunggulan di menit ke-14. Tetapi, bola tendangan dari Mochamad Mierza berhasil dihalau penjaga gawang Jai Ajanovic.

Pada menit ke-20, Timnas Australia mendapatkan hadiah penalti usai Raihan Apriansyah melanggar pemain lawan. Akan tetapi, setelah dilakukan cross check melalui Video Assistant Referee (VAR) wasit Tomoyuki Umeda membatalkan penalti yang diberikan kepada tim  berjuluk Socceroos itu. Hal tersebut, disebabkan pelanggaran yang terjadi diluar kotak penalti dan hanya menghasilkan tendangan bebas.

Amalani Tatu yang menjadi pelaksana tendangan bebas mampu memanfaatkan dengan sempurna sehingga mengubah skor menjadi 1-1. Malapetaka kembali menghampiri Garuda Muda, seketika Raihan Apriansyah mendapatkan kartu kuning kedua berujung kepada kartu merah saat menjegal pemain Australia di menit ke-27. Sehingga, dari hal itu Timnas Indonesia bermain dengan 10 pemain.

Unggul dalam jumlah pemain membuat Timnas Australia lebih leluasa menguasai jalannya permainan. Walhasil, pada waktu injury time, tepatnya di menit ke-46 Timnas Australia berhasil mencetak gol kedua melalui Quinin Macnicol yang memanfaatkan bola mentah hasil tepisan kiper M. Nur Ichsan dan juga membuat tim asuhan Brad Maloney itu memimpin dengan skor 2-1.

Keunggulan Timnas Australia tidak bertahan lama. Pada menit ke-48, Muhammad Zahaby Gholy berhasil mencetak gol kedua melalui tendangan voly keras dari luar kotak penalti. Akhirnya, Garuda muda mampu menyamakan skor menjadi 2-2 serta dapat bertahan sampai babak pertama selesai.

Memasuki babak ke dua, pertahanan Garuda Muda digempur habis-habisan oleh pemain Timnas Australia. Mimpi buruk pun terjadi, tepat menit ke-65 saat Mathew Baker salah mengantisipasi bola lambung. Lalu, bola jatuh berada di kaki Amalani Tatu kemudian langsung melepaskan tembakan ke arah gawang dan mampu mengubah skor menjadi 3-2.

Kesebelasan asal Negeri Kanguru itu mampu memperlebar skor pada menit ke-71, usai umpan silang dari  Amalani Tatu bisa dimanfaatkan oleh Anthony Didulica menjadi gol. Selisih dua gol tidak membuat timnas Australia puas, mereka tetap melakukan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Garuda Muda. Sedangkan Timnas Indonesia, hanya sesekali memperoleh kesempatan untuk menyerang.

Timnas Australia akhirnya mencetak gol kelima melalui tandukan Anthony Didulica pada menit ke-85. Sekalipun tertinggal 5-2, pasukan Garuda Muda tetap berusaha supaya dapat menciptakan gol. Pada menit ke-90+3, Josh Holong dari Timnas Indonesia yang masuk sebagai pemain pengganti mampu memperkecil skor lewat sundulannya.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Skor tetap bertahan 3-5 untuk keunggulan Timnas Australia. Hasil akhir pertandingan ini membawa Timnas Australia melaju ke partai final dan akan berhadapan dengan Timnas Thailand.

Penulis
Abdul Rofid Juniardi
Editor
Khoirul Anam

Tags :