Bisakah Spanyol Menumbangkan Inggris di Piala Euro 2024

Sabtu, 13 Juli 2024 - 09:25
Bagikan :
Bisakah Spanyol Menumbangkan Inggris di Piala Euro 2024
Final Euro 2024 akan mempertemukan Spanyol melawan Inggris, [RRI Rote/Radja].

alfikr.id, Jerman- Laga Final Euro yang mempertemukan Timnas Inggris dan Spanyol tinggal menunggu hitungan hari lagi. Laga tersebut akan berlangsung di Olympiastadion, Berlin, Jerman, pada Senin dinihari WIB, 15 Juli 2024, mulai pukul 02.00 WIB.

La Furia Roja sebutan Spanyol berhasil mencapai babak final usai menyingkirkan Prancis dengan skor 2-1 di semifinal Euro 2024 lewat gol yang dicetak Lamine Yamal di menit 21 serta gol dari Dani Olmo di menit 25, pada Rabu, (10/7).

Sedangkan, Timnas Inggris atau The Three Lions juga berhasil meraih kemenangan melawan Belanda dengan skor yang sama yakni 1-2 di semifinal Euro 2024 lewat gol Harry Kane di menit 18 melalui titik putih, serta gol lewat kaki Ollie Watkins di menit 90, pada Kamis, (11/7).

Pasalnya, Duel Spanyol vs Inggris menjadi pertarungan ke-28 dari kedua tim sepanjang sejarah. Dari 27 pertemuan sebelumnya, La Furia Roja sebutan Spanyol hanya mampu menang 10 kali, sedangkan Timnas Inggris atau The Three Lions unggul dengan catatan 13 kali kemenangan. Namun dari lima pertandingan terakhir, kedua kubu cukup bermain imbang dan sama-sama meraih dua kemenangan.

The Three Lions pada laga final Euro kali ini diprediksikan akan tampil habis-habisan saat menjamu Timnas Spanyol. Hal ini bukan tanpa sebab, Timnas Inggris berambisi untuk memenangkan piala Euro pertama dan menebus kegagalan mereka di partai final Euro 2020 atas Timnas Italia.

"Seratus persen kami percaya bisa juara, karena itulah kenapa kami berada di sini. Kami ada di sini tidak hanya untuk mencapai final dan membuang kesempatan juara. Kami ingin menang, dan menuliskan nama kami dalam sejarah," ujar Kobbie Mainoo dikutip dari Tirto.id.

Sedangkan La Furia Roja, Tim yang suda memenangkan 3 gelar Piala Euro itu merupakan tim paling konsisten meraih kemenangan di Euro 2024 sejak babak penyisihan. Lamine Yamal dan kawan-kawan benar-benar menjadi mimpi buruk bagi tim tim lawan yang mereka hadapi. Sementara ini Spanyol suda  mengoleksi 13 gol sejak kompetisi berlangsung.

"Kami baru setengah jalan terkait tujuan kami di sini, karena kami belum memenangi apapun. Sekarang saatnya kami beristirahat, merayakan, dan sampai jumpa di Berlin," jelas bek Nacho Fernández, dikutip dari Tirto.id.

Jika menilik perjalanan kedua tim di Euro hingga partai final, La Furia Roja lebih di perhitungkan untuk memenangi pertandingan. Pasalnya, perjalanan Spanyol hingga final sangat konsisten meraih kemenangan meski lawan yang dihadapi tak muda. 

Tim  yang di huni oleh sederet bintang ini cukup muda di kalahkan oleh anak asuhan L. De la Fuente Castillo. Sebut saja, Kroasia yang berhasil ditundukkan dengan skor 3-0, Italia 1-0, Albania 1-0, Georgia 4-1, tuan rumah Jerman 2-1, hingga Prancis yang berhasil mereka kalahkan dengan skor 2-1.

Sedangkan performa The Three Lions dinilai kurang bagus sejak penyisihan grup. Inggris yang tergabung di grup C bisa di nilai cukup muda menghadapi tim-tim seperti Serbia, Denmark, Slovenia. Namun, Tim yang di isi oleh sederet bintang ini hanya mampu meraih satu kemenangan dan dua hasil imbang.

Tak hanya di penyisihan grup, pada babak 16 besar, anak  asuhan G. Southgate harus susah payah mengalahkan Slovakia 2-1 hingga extra time. Sedangkan di perempat final Inggris di paksa lanjut hingga adu penalty setelah di tahan imbang 1-1 dan berhasil menang 5-3.  Pada semi final The Three Lions sukses memetik kemenangan melawan Belanda 2-1.

Meskipun demi kian, Timnas Inggris tak bisa di pandang remeh pasalnya, The Three Lions yang di huni oleh pemain-pemain bintang ini mampu membawa perubahan dalam tim. Begitupun sebaliknya, anak  asuhan G. Southgate tak bisa memandang remeh Timnas Spanyol yang suda memulangkan tim-tim besar seperti Kroasia, Jerman, Italia, dan Prancis.

Di babak final kali ini, Kira-kira siapakah yang akan membawa pulang Piala Euro 2024. Jika Timnas Inggris maka ini akan menjadi piala Euro pertamanya. Namun, jika Timnas Spanyol maka ini akan menjadi piala Euro ke empatnya. 

Akan kah Timnas Inggris mampu menumbangkan La Furia Roja dan  meraih gelar Euro pertamanya atau sebaliknya, Timnas Spanyol lah yang akan meraih kemenangan dan mengubur mimpi The Three Lions kedua kalinya untuk meraih piala Euro pertamanya.

Penulis
Zulfikar
Editor
Khoirul Anam

Tags :