Timnas Inggris Tumbangkan Belanda

Kamis, 11 Juli 2024 - 15:28
Bagikan :
Timnas Inggris Tumbangkan Belanda
Timnas Inggris berhasil memastikan lolos ke Final setelah menumbangkan Timnas Belanda[sumber: onefootball.com].

alfikr.id, Jerman- Timnas Inggris akan berhadapan dengan Spanyol pada babak Final Euro 2024. Tim yang berjuluk The Three Lions itu berhasil melaju usai berbalik unggul 2-1 atas Timnas Belanda, pada laga semifinal yang berlangsung di BVB Stadion, Dortmund, Jerman, Kamis (11/07/2024).

Inggris sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol Xavi Simons. Namun, anak asuh Gareth Southgate itu mampu bangkit dan menyamakan kedudukan lewat gol hary kane. Hingga pada akhirnya Inggris mampu mengunci kemenangannya usai Ollie Watkins masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol di masa injury time.

Jalannya Pertandingan

Pada awal babak pertama kedua tim bermain dengan tempo yang cukup pelan. Namun, malapetaka mengahampiri timnas Inggris di menit ke-7 usai Declan Rice gagal mengontrol bola dengan baik. Xavi Simons yang berhasil merebut bola, kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang bersarang di pojok kanan gawang Jordan Pickford, membuat Belanda unggul dengan skor 1-0.

Gol tersebut membuat The Three Lions bermain jauh lebih agresif, alhasil pada menit ke 14 Bukayo Saka mampu menciptakan peluang lewat tendangan dari dalam kotak penalti, namun sepakan itu masih bisa dihalang oleh pertahanan Belanda. Hary Kane yang mendapatkan bola liar juga gagal memanfaatkannya dengan baik setelah tendangannya melambung tipis di atas gawang belanda.

Pemain Inggris Harry Kane mencetak gol lewat penalti yang membuat skor imbang 1-1 pada babak semifinal melawan Belanda dalam Euro 2024 di Dortmund, Jerman, Kamis, 11 Juli 2024 dini hari WIB, [beritasatu.com].

Pada menit ke-14 Harry Kane dilanggar didalam kotak penalti oleh Denzel Dumfries, setelah dilakukan cross chek melalui Video Assistant Referee (VAR), wasit Felix Zwayer memutuskan memberi hadiah penalti untuk timnas Inggris. Hary Kane yang menjadi pendang mampu membawa inggris menyamakan skor menjadi 1-1.

Pada menit ke-23 Phil Foden mendapatkan peluang emas setelah berhasil melewati beberapa pemain belanda. Namun, tembakannya masih bisa di tahan Denzel Dumfries tepat di batas garis gawang. Tak hanya inggris, Timnas Belanda juga mampu membuat peluang emas di menit ke-30 usai umpan dari tendangan sudut berhasil disambut oleh Denzel Dumfries. Akan tetapi tandukannya masih membentur tiang gawang yang dijaga Jordan Pickford. Skor bertahan sama kuat hingga paruh waktu babak pertama.

Memasuki babak kedua, pelatih Belanda menarik keluar Donyell Malen dan digantikan oleh Wout Weghorst. Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris juga melakukan pergantian pemain, Kieran Tipper digantikan oleh Luke Shaw

Permainan di babak kedua masih mampu didominasi The Three Lions. Timnas Belanda yang terus menerus diserang akhiranya mampu menciptakan peluang melalui Virgil van Dijk yang memanfaatkan umpan dari tendangan bebas. Namun, sepakannya masih mampu ditepis oleh kiper Jordan Pickford.

Inggris sempat membalikkan keadaan pada menit ke-79 setelah Bukayo Saka memanfaatkan umpan datar dari Kyle Walker. Akan tetapi, gol itu dianulir karena sudah lebih dulu offside. Pada menit ke-81 pelatih timnas Inggris menarik keluar Hary Kane juga Phil Foden dan memasukkan Ollie Watkins bersama Cole Palmer.

Pergantian tersebut membawa angin segar bagi timnas Inggris. Terbutkti, di menit ke-90+1, umpan Cole Palmer ke dalam kotak penalti tidak disia-siakan oleh Ollie Watkins untuk membobol gawang Verbruggen. Tembakan keras dari sudut sempit langsung mengarah ke sudut kanan gawang tanpa mampu dibendung oleh pertahanan Belanda. Sehingga mampu membuat Inggris unggul dengan skor 2-1.

Sampai dengan berakhirnya babak kedua tidak ada gol lagi yang tercipta. Dengan hasil tersebut, timnas Inggris akan menantang Timnas Spanyol di final Euro 2024 yang akan digelar di Stadion Olympiastadion, Berlin pada Senin, (15/07/2024) dini hari. 

Penulis
Abdul Rofid Juniardi
Editor
Zulfikar

Tags :