Tiga Pantai Ini Punya Mitos Nyi Roro Kidul

Selasa, 20 Maret 2018 - 19:50
Bagikan :
Tiga Pantai Ini Punya Mitos Nyi Roro Kidul
Pantai Garut yang ada kaitannya dengan mitos Nyi Roro Kidul saat difoto dari atas bukit (Sumber foto: Yukpiknik.com)

ALFIKR.CO - Sosok Nyi Roro Kidul diyakini sebagai mitos yang diceritakan masyarakat secara turun-temurun. Keberadaannya itu selalu dikait-kaitkan dengan laut pantai selatan. Meski demikian, para wisatawan selalu tertarik untuk bekunjung.

Meskipun telah banyak menewaskan para wisatawan dan masyarakat setempat atau hilang terseret ombak, hal tersebut tidak menyurutkan niat para traveler untuk menjadikan kawasan laut selatan sebagai destinasi liburan.

Berikut beberapa pantai yang sering dikaitkan dengan keberadaan sosok Nyi Roro Kidul

Pantai Pancer Door

Di Pulau Jawa kawasan Laut Selatan terkenal dengan ombak yang ganas, salah satu diantaranya adalah Pantai Pancer Door yang berada di Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan. Pantai ini terkesan angker bagi mereka yang mengetahui cerita mistisnya.

Konon, pengunjung tidak diperbolehkan mengenakan pakaian berwarna hijau di pantai itu, karena warna tersebut dianggap kesukaan Nyi Roro Kidul. Jika pengunjung melanggarnya, maka akan dijadikan budak.

Pantai Garut

Di Pantai Garut telah banyak nyawa melayang karena terseret arus ombak. Biasanya jika ada pengunjung atau masyarakat tewas akibat terseret ombak, warga sekitar langsung mengaitkannya dengan sosok Nyi Roro Kidul. Itu dianggap sebagai tumbal Ratu Pantai Selatan.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis sangat lekat kaitannya dengan cerita Nyi Roro Kidul. Meskipun demikian, pantai ini masih ramai dikunjungi para pelancong di Yogyakarta. Telah banyak korban tewas atau pun hilang di pantai ini.

Persitiwa-peristiwa itu, sebagian di antaranya dikaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul sebagai penguasa lautan. Bahkan, cerita hilangnya korban konon disembunyikan dan rohnya dijadikan prajurit Ratu Pantai Selatan itu.

Penulis
M. Arwin
Editor
M. Risky

Tags :