Pentingkah Membersihkan Lidah, Simak Penjelasannya

Kamis, 06 Oktober 2022 - 00:20
Bagikan :
Pentingkah Membersihkan Lidah, Simak Penjelasannya
Seseorang menjulurkan lidah [sumber foto: merdeka.com]

alfikr.id, Probolinggo - Mensucikan lidah sama pentingnya dengan menggosok gigi. Sebagai indra pengecap manusia yang berfungsi untuk merasakan, menelan makanan, mengunyah dan membantu berbicara.

Sebenarnya, lidah juga bisa kotor. Hal itu ditandai dengan adanya partikel-partikel berwarna putih, kuning, hijau, hingga hitam. Kondisi ini membuat bakteri hingga bau napas tak sedap.

Melansir dari health.kompas.com, sebaiknya, kita menjaga kebersihan lidah. Kebiasaan membersihkan lidah dapat diterapkan setelah menggosok gigi dan berkumur di pagi hari.

Cara membersihkan lidah dengan membersihkan indra pengecap dari pangkal paling dalam dan menarik perlahan ke arah depan. Mungkin orang berminat saat membersihkan mulut.

Namun perlu diketahui, dari kutipan laman klikdokter.com, terdapat manfaat membersihkan lidah secara rutin, antara lain sebagai berikut :

1. Mencegah Bau Mulut

Lidah merupakan organ di dalam rongga mulut yang mudah ditempati bakteri. Sebagian besar bakteri yang menyebabkannya terdapat di bagian belakang.

Ketika bakteri tersebut berkembang biak dan dibiarkan, lama-kelamaan bau busuk dapat muncul dari mulut. Dengan ketidaksesuaian secara teratur, dapat efektif menghilangkan kuman dan bakteri penyebab bau yang menumpuk di lidah.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Periodontal

Tidak membersihkan lidah secara teratur dapat menyebabkan penyakit periodontal. Penyebabnya, bakteri pada lidah dapat berpindah ke gigi. Ketika bakteri menumpuk di gigi, maka dapat menyebabkan gusi menjadi merah dan meradang.

3. peningkatan Rasa

Timbunan plak, biofilm bakteri, dan partikel sisa makanan yang menumpuk dan menutupi permukaan dapat memengaruhi kemampuan mengecap. Indra reseptor pengecap bisa hilang saat Anda menemukan makanan atau minuman. Dengan ketidaksesuaian secara teratur, hal ini bisa dilakukan. 

4. Mencegah Penyakit Lidah

Oral thrush merupakan salah satu penyakit mulut yang sering menyerang lidah. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang lebih besar di dalam mulut sehingga menimbulkan infeksi. Membersihkan lidah secara teratur dapat mencegah kondisi tersebut.

5. peningkatan Kesehatan Tubuh

Lidah juga menjadi garis pertahanan tubuh. Pasalnya, dengan rajin membersihkan lidah dapat mencegah racun yang dapat diserap tubuh sehingga fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan meningkat.


Penulis
Badrul Nurul Hisyam
Editor
Ahmad Efendi

Tags :