4 Cara Mencegah Kanker Pankreas, Simak Penjelasannya

Rabu, 05 Oktober 2022 - 23:58
Bagikan :
4 Cara Mencegah Kanker Pankreas, Simak Penjelasannya
Gambar pankreas di dalam tubuh. [Sumber foto: medkes.com]

alfikr, Probolinggo - Kanker pankreas terjadi ketika sel-sel di pankreas tumbuh dengan tidak normal dan tidak terkendali. Stadium awal kanker ini sering kali tidak bergejala. Biasanya, gejala baru muncul ketika kanker telah menyebar ke organ tubuh yang lain.

Penyakit perlu diwaspadai. Melansir di tempo.co, berikut ini cara mencegah kanker pankreas, diantaranya:

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat membantu menurunkan risiko pankreas. Perokok berisiko dua kali lebih tinggi daripada orang yang tidak merokok. Setelah berhasil berhenti merokok, maka risiko kanker pankreas terbukti terus menurun dan manfaatnya terus dirasakan hingga 10-15 tahun ke depan.

2. Menjaga berat badan ideal

Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan ideal dengan cara aktivitas fisik secara teratur seperti berolahraga.  Mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu menurunkan risiko anda terkena kanker pankreas. 

3. Minuman beralkohol

Penggunaan alkohol dapat menyebabkan kondisi seperti pankreatitis kronis, yang dapat meningkatkan risiko kanker pankreas. Oleh sebab itu, hindari minuman beralkohol.

4. Menjaga pola makan

Perlu mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian serta membatasi memakan daging merah dan minuman manis, untuk menghindari dari penyakit kanker pankreas.



Penulis
Badrul Nurul Hisyam
Editor
Ahmad Efendi

Tags :