Pemberhentian Dini PLTU Upaya Mengurangi Emisi Karbon

Rabu, 26 Oktober 2022 - 10:14
Bagikan :
Pemberhentian Dini PLTU Upaya Mengurangi Emisi Karbon
Potret PLTU (Sumber: Bisnis.com)

alfikr.id, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyatakan, bahwa pemerintah bersiap untuk pemberhentian dini Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan kapasitas 9,1 gigawatt (GW) berbasis batu bara pada tahun 2027. 

“Langkah ini merupakan diservikasi energi sebagai hasil kami untuk Konverensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bulan depan,” ucap Airlangga dalam acara Indonesia Economic Priorities yang di pantau secara daring di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Upaya tersebut, merupakan suatu transisi dari penggunaan energi batu bara kepada Energi Baru Terbarukan (EBT). Transisi itu bertujuan untuk memanfaatkan energi ramah lingkungan agar terus mengalami peningkatan.

Selain pemberhentian PLTU secara bertahap, pemerintah kian gencar mengoptimalkan EBT untuk mencapai target 23 persen pada tahun 2025. Sebab energi listrik menggunakan batu bara dianggap menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global.

Menurut Direktur Jendral Ketenaga Listrikan Rida Mulyana, pemerintah terus berupaya dalam mencapai penggunaan energi hijau yang lebih bersih. Termasuk Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL), yang di dalamnya terdapat program-program energi hijau dan pencapaiannya terhadap bauran energi EBT 23 persen pada tahun 2025.

“Hal ini sudah menjadi komitmen bangsa, sudah menjadi amanah regulasi dan target nasional,” dedah Direktur jendral Ketenaga Listrikan itu.  

Sebagaimana komitmen pada Perjanjian Paris melalui Nationally Determined Contribusion (NDC), dengan tujuan untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen yang di perkirakan akan terjadi pada tahun 2030 dan nol emisi pada tahun 2060.

Direktur Jendral Pengendalian Perubahan Iklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Laksmi Dhewanthi menyampaikan, bahwa pemerintah sedang getol dalam mencapai target bauran energi. Untuk mengurangi perubahan iklim salah satu upaya yang di lakukan ialah mitigasi penurunan gas rumah kaca.

“Langkah-langkah transformasi menuju energi bersih yang telah di renakan oleh pemerintah merupakan salah satu peta, jalan untuk mencapai penurunan target emisi Indonesia,” ucap Laksmi.

Sumber: Kompas.com dan Website esdm.go.id

 

Penulis
Hafidi
Editor
Imam Sarwani

Tags :