Menko Polhukam: Pemerintah Ikut Bersemangat dan Mendukung Forum R20 di Nusa Dua, Bali

Kamis, 03 November 2022 - 00:37
Bagikan :
Menko Polhukam: Pemerintah Ikut Bersemangat dan Mendukung Forum R20 di Nusa Dua, Bali
Mahfud MD saat menjawab pertanyaan wartawan selepas acara pembukaan forum R20 Rabu (2/11/2022 foto:LTN PBNU/Suwitno).

alfikr.id, Bali- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD, menyampaikan bahwa pemerintah ikut bersemangat dan mendukung acara Religion of Twenty (R20), yang digelar oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Liga Dunia Muslim atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali pada Rabu, 2 November 2022.

Meski, kata Mahfud, Presiden Joko Widodo tidak bisa hadir secara langsung pada pembukaan R20, karena kesibukan persiapan pelaksanaan G20 yang tinggal beberapa hari lagi.

"Saya tahu Pak Presiden sudah lama merencanakan hadir di sini, tapi sebagai tuan rumah G20 beliau tiba-tiba selalu ada acara dan kegiatan yang menyebabkan agenda yang direncanakan seperti ini tidak jadi," kata Mahfud setelah acara pembukaan R20 di Ballroom Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022).

Walaupun Presiden tidak bisa hadir secara fisik, menurut Mahfud, sambutan Presiden yang disampaikan secara virtual merupakan sambutan resmi.

"(Sambutan Presiden) itu atas nama pemerintah untuk acara ini," kata Mahfud.

Sebagai organisasi terbesar di dunia, Mahfud sangat bersyukur dan bangga karena Nahdlatul Ulama telah mengambil inisiatif untuk mengadakan forum R20 yang membicarakan perdamaian antaragama.

Di samping itu, Mahfud juga berharap forum ini dapat memunculkan kesatuan kemanusiaan.

“Bahwa apa pun agamanya, seperti apa pun rasnya, di mana pun tempatnya manusia itu harus bersaudara membangun kemajuan bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku ditugaskan oleh Pemerintah untuk mendukung pelaksanaan forum R20. Sebelumnya, BUMN juga mendukung pelaksanaan Music Twenty (M20). Baik R20 maupun M20 adalah dua agenda besar Indonesia menjelang pelaksanaan G20.

"Kita (pemerintah) ingin memastikan pelaksanaan G20 ini tidak hanya bicara pemerintah dan pemerintah, tokoh dan tokoh dari kepemimpinan nasional, tetapi melibatkan masyarakat kepada masyarakat," katanya.

Menariknya dan menjadi kebanggaan, kata Erick, tidak ada negara G20 selain Indonesia yang melaksanakan R20 dan M20. Selanjutnya, dia akan terus mendorong inisiatif yang digagas dari Indonesia ini bisa terus terlaksana di setiap event G20 selanjutnya.

Ratusan Delegasi dari berbagai Negara ini akan berada di Bali hingga tanggal 3 November 2022. Setelah itu, mereka akan diterbangkan ke Jogjakarta pada 4 November 2022—sebagai bagian dari rangkaian R20—untuk berkunjung ke sejumlah tempat, di antaranya ke Candi Prambanan dan Borobudur.

Sejumlah pejabat Negara ikut hadir dalam pembukaan forum Religion of Twenty (R20) pada Rabu (2/11/2022) pagi. Di samping itu, hadir pula Menko PMK Muhajir Efendy, Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Forum R20 digelar PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022, diikuti 264 partisipan dari 32 negara.

Forum R20 digelar oleh PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL), diikuti 264 partisipan dari 32 negara, bertempat di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022.


Penulis
Adi Purnomo S
Editor
Abdul Razak

Tags :