Maroko Memastikan Lolos ke Perempat Final Setelah Mengalahkan Spanyol

Rabu, 07 Desember 2022 - 02:56
Bagikan :
Maroko Memastikan Lolos ke Perempat Final Setelah Mengalahkan Spanyol
Kiper Spanyol Unai Simon menggagalkan peluang pemain Maroko Hakim Ziyech dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Qatar, Selasa (6/12/2022). [AFP]

alfikr.id, Qatar- Laga Piala Dunia 2022 yang digelar di Education City Stadium. Tim Sepak Bola Maroko memastikan lolos ke Perempat Final usai menyingkirkan Spanyol di babak 16 besar. Selasa (6/12/2022).

Maroko menyingkirkan Spanyol 3-0 lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol di sepanjang 120 menit.

Maroko yang menghadapi Spanyol di babak 16 besar berhasil mendapatkan peluang di menit ke-6. Namun Hakim Ziyeck tak dapat di maksimalkan peluang tersebut dengan baik setelah bola melebar dari tiang gawang.

Selepas menit ke-10 Spanyol mulai mendominasi penguasaan bola. Para penggawa La Furia Roja (julukan Spanyol) mencoba untuk menarik keluar para pemain Maroko dari pertahanan.

Hingga menit ke-27 Spanyol mendapat peluang pertamanya lewat umpan lambung dari Jordi Alba, namun Marco Asensio yang melepaskan tembakan dari sudut sempit bola hanya mengenai sisi gawang.

Maroko nyaris mencetak gol di menit ke-33 lewat serangan balik. Sayangnya bola yang di lepaskan Mazraoui berhasil dibendung Unai Simon.

Pada menit ke-40 Spanyol berbalik mengancam setelah Ferran Torres lewati pemain sayap dan melepaskan umpan terukur ke depan gawang namun Dani Olmo yang dituju terlambat menyambutnya. Hingga turun minum, skor kacamata tetap bertahan.

Pada babak kedua, Spanyol yang melancarkan serangan demi serangan harus kandas di kaki para pemain Maroko.

Dilansir dari Suara.com Pelatih Spanyol Luis Enrique pun melakukan perubahan untuk meningkatkan daya gedor. Marco Asensio dan Gavi ditarik keluar, sebagai gantinya Alvaro Morata dan Carlos Soler dimasukkan.

Pergantian pemain yang dilakukan Enrique berhasil meningkatkan daya gedor, terbukti para pemain Spanyol beberapa kali mencoba masuk ke kotak penalti, namun selalu berhasil dipatahkan oleh Bek Maroko yang dipimpin Achraf Hakimi.

Di sisa waktu pertandingan, kedua Tim Maroko dan Spanyol saling melakukan jual beli serangan yang sebelumnya Maroko lebih banyak bertahan. Hingga berakhirnya waktu normal, skor kacamata tetap bertahan dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Setelah jeda turun minum pertandingan di lanjutkan extra time hingga pada menit ke-94 Maroko mendapatkan peluang emas. Amrabat yang melepaskan umpan terobosan ke Sabiri hingga berhadapan satu lawan satu dengan kiper Unai Simon.

Sayangnya ketika Sabiri hendak melepaskan tembakan, bola terlebih dulu di 'colek' Laporte dari belakang dan dengan mudah diamankan oleh sang kiper.

Memasuki menit 98, Enrique melakukan pergantian pemain dengan memasukan Ansu Fati dan Alejandro Balde yang menggantikan Dani Olmo serta Jordi Alba.

Serangan yang dilancarkan La Furia Roja menghasilkan sejumlah peluang, namun tak satupun yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh para penyerang Spanyol.
Begitu pula dengan Maroko yang mendapat peluang emas lewat Cheddira depan gawang, namun Cheddira gagal memperdayai Simon.

Pablo Sarabia yang menggantikan Williams mendapatkan peluang terakhir Di menit 120+3, Sayang bola dimentahkan tiang gawang. Hingga peluit panjang dibunyikan skor masi tetap 0-0.

pertandingan di lanjutkan adu pinalti. Sabiri yang maju sebagai algojo pertama sukses mencuri gol atas Maroko, sementara Pablo Sarabia gagal setelah bola dimentahkan tiang gawang.

Maroko yang memimpin 2-0 setelah Hakim Ziyech menundukkan Simon, sedangkan Pablo Soler tak dapat mengejar ketertinggalan setelah gagal memperdayai Yassine Bounou.

Semetara Simon berhasil menggagalkan penendang ketiga Maroko Badr Benoun. Namun Spanyol gagal memangkas skor setelah arah tendangan Sergio Busquets dapat di baca Bounou.

Achraf Hakimi yang bertindak sebagai eksekutor keempat, berhasil mencetak gol dan menjadikan skor 3-0 sekaligus memastikan Maroko mendapatkan satu tiket ke perempat final Pialah Dunia 2022.

Penulis
Zulfikar
Editor
Badrul Nurul Hisyam

Tags :