Menunggu Cuaca Aman Perbaikan Pipa PDAM Gili Ketapang

Senin, 02 Januari 2023 - 02:32
Bagikan :
Menunggu Cuaca Aman Perbaikan Pipa PDAM Gili Ketapang
Forkopimda Kota Probolinggo distribusi bantuan air bersih ke Pulau Gili Ketapang. [Foto: M Rofiq/detikJatim]

alfikr.id, Probolinggo- Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolinggo pada 23 Desember 2022 sedang diterpa angin badai. Selain menyebabkan rusaknya kapal dan rumah warga, masyarakat di sana juga mengalami kekurangan air bersih.

Kepala Unit PDAM Gili Ketapang, Syah Reza Azka Lubis, memaparkan bahwa pipa distribusi PDAM di RT 16 dan RT 17 Desa Gili Ketapang sepanjang 125 meter hanyut terkena abrasi air laut, sehingga memicu kurangnya ketersediaan air bersih.

Tak hanya itu, berdasarkan laporan tim PDAM pada (30/12/22) Jumat, pipa saluran air bersih di dasar lautan tertekuk, yang membuat suplai air bersih dari Ronggojalu menuju ke pulau Gili Ketapang tersumbat.

"Pada tanggal 24 Desember 2022 pipa PDAM di dasar laut rusak terkena seret jangkar kapal tongkang yang mengakibatkan aliran atau suplay air bersih tersumbat karena posisi pipa PDAM tertekuk," paparnya.

Seyogianya, perbaikan pipa distribusi sepanjang 125 meter sudah dilakukan pada Sabtu tanggal 31 Desember 2022 kemaren. Begitu pula dengan delapan sambungan rumah yang terdampak abrasi air laut juga selesai diperbaiki.

Namun, pipa aliran air bersih belum bisa diperbaiki. Kata Reza, pihak PDAM terus mengusakan perbaikan secepat mungkin, karena alasan cuaca saat ini kurang baik. Sebab, kata Reza, untuk menyambungkan pipa butuh dua kapal seret pengangkat pipa yang ada di dasar laut. Selain itu, proses penyambungan juga harus dalam posisi lurus.

"Saat ini gelombang air di laut masih tinggi dan tidak memungkinkan untuk menyambung pipa tersebut," terangnya.

Untuk itu, kata Reza, sembari menunggu perbaikan selesai, tim PDAM telah mengirimkan air bersih setiap hari dengan menggunakan tangki 4.000 liter dari dermaga Kota Probolinggo, untuk membantu suplai air bersih di Desa Gili Ketapang sejak 26 Desember 2022 hingga perbaikan pipa di dasar laut selesai diperbaiki.

"PDAM sudah menyediakan air bersih bagi masyarakat Desa Gili Ketapang. Namun karena keterbatasan, PDAM hanya bisa mengantarkan air bersih sampai di dermaga Kota Probolinggo. Kami sudah berkoordinasi dengan kepala desa untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa PDAM menyediakan air bersih di dermaga Kota Probolinggo," katanya, Sabtu (31/12/2022).

Menurut Munir, Kepala Desa Gili Ketapang, suplai air bersih hanya sampai dipelabuhan, sehingga masyarakat harus mengambil ke pelabuhan Probolinggo untuk mendapatkan air bersih. Sebagai alternatif, warga menggunakan air sumur dan tadah hujan untuk mencuci dan mandi, sedangkan untuk diminum masyarakat membeli air kemasan.

"Warga berharap sembari menunggu perbaikan, ada suplai air bersih yang langsung datang ke Pulau gili ketapang," tegasnya.

Sumber: Probolinggo.go.id dan detik.com

Penulis
Imam Sarwani
Editor
Adi Purnomo S

Tags :