Peran Pesantren Dalam Membangun Generasi Bangsa

Selasa, 24 Januari 2023 - 03:44
Bagikan :
Peran Pesantren Dalam Membangun Generasi Bangsa
TANDA TANGAN: Gubernur Khofifah beserta Rais 'Aam PBNU tanda tangani prasasti. [Sumber Foto: Radar Bojonegoro]

Alfikr.id, Bojonegoro- Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara peresmian Masjid Kanzul Arsy sekaligus launching Institut Agama Islam (IAI) Al Fatimah di Pondok Pesantren Al Fatimah Kab. Bojonegoro, Sabtu siang (21/1/2023).

Dalam acara peresmian tersebut. Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menekankan pentingnya pendidikan yang berkualitas, baginya pendidikan merupakan modal utama untuk membangun peradaban.

Terlebih lagi, lanjutnya, kelak tantangan yang akan di hadapi begitu kompleks. justru itu di butuhkan peran pesantren sangatlah penting unatuk membangun generasi yang berprestasi dalam menjawab tantangan jaman dan berakhlakul karimah.

 “Artinya lembaga pendidikan yang mengusung pesantren modern di Bojonegoro ini harus menyiapkan para santrinya masuk ke perguruan tinggi lebih maksimal. Sehingga hal ini menjadi bagian dari penguatan dalam membangun peradaban dunia,” ujar Khofifah dalam sambutanya.

“Karena, kalau kita ingin membangun peradaban dunia maka salah satu pintu masuknya adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan kita,” imbuhnya.

Mantan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa menambahkan, Pendidikan yang berkualitas harus menjadi modal utama dalam mewujudkan peradaban. Dengan launchingnya IAI Al Fatimah, diharapkan dapat menjadi salah satu media bagi para santri. dengan berbekal ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama, nantinya para santri dapat menghadapi tantangan global.

 “Insyaallah kedalaman ilmu agamanya kuat dan kedalaman ilmu umum juga berseiringan dengan ilmu agamanya, semoga akan memberikan manfaat bagi masyarakat bangsa dan negara,” ungkapnya. dilansir dari lenteratoday.com

Gubernur Khofifah mengatakan, Pasalnya perkembangan zaman saat ini menuntut adanya peradaban yang harus berseiringan dengan budi pekerti atau akhlak yang luhur dan santun. Dan pesantren memiliki andil besar dalam menumbuhkembangkan peradaban yang berlandaskan akhlak yang kuat.

 “Kalau membangun  bisa dimulai dari pendidikan tapi kalau membangun akhlak harus diperbanyak ibadahnya. Dalam kondisi seperti inilah pesantren menjadi bagian yang sangat penting untuk memberikan penguatan bangunan akhlakul karimah,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Jawa Timur menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada 10 santri yang berprestasi di tingkat SMP dan 10 santri berprestasi tingkat SMA berupa tas dan uang tunai senilai Rp. 500.000 untuk masing-masing siswa tingkat SMP, sedangkan tingkat SMA Rp. 1.000.000 per orang.

Salah satu siswa penerima beasiswa, Nabella yunita sari siswa SMA, mengucapkan terima kasih kepada gubernur khofifah dan pihak pesantren yang memberikan beasiswa pendidikan kepadanya.

“Senang dapat beasiswa. Terima kasih ibu Khofifah dan pengurus pondok yang sudah memperhatikan pendidikan untuk saya dan teman-teman,” ucapnya.

dilansir dari lenteratoday.com  Siswa kelas XII, Nabella Yunita Sari (18), berharap beasiswa yang didapat bukan hanya sekedar hadiah, akan tetapi juga sebagai modal penting untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

 “Memanfaatkan dengan baik beasiswa ini sebagai modal untuk ke perguruan tinggi melalui jalur prestasi. Inginya besok mau kuliah jurusan gizi atau  science data di Universitas Airlangga,” imbuhnya.

Penulis
Saipur Rahman
Editor
Zulfikar

Tags :