Membangun Generasi Santri yang Sehat

Jum'at, 17 Februari 2023 - 23:46
Bagikan :
Membangun Generasi Santri yang Sehat
cek tensi darah (Foto : Ibrahim La Haris)

Alfikr.id, Probolinggo-  Klinik Az-Zainiyah menggelar cek kesehatan gratis guna memeriahkan Harlah dan Haul Pondok Pesantren Nurul Jadid ke-74.  Kegiatan ini di gelar di stand Expo dan Pameran  yang bertempat di depan Asrama Mahasiswa Pondok Pensantren Nurul Jadid.

Pengecekan itu dilakukan oleh Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren), merupakan oraganisasi yang dirintis oleh Klinik Az-Zainiyah pada tahun 2019 lalu.

Sahrul, Anggota Santri Bakti Husada menyampaikan, kalau cek kesehatan gratis ini, diadakan untuk melihat kondisi kesehatan santri Pondok Pesantren Nurul Jadid. 

Selain itu, diadakannya cek kesehatan gratis ini, untuk membantu santri dan masyarakat dalam mengetahui kondisi kesehatannya. Dalam kegiatan tersebut, Dia menambahkan, terdapat banyak pengecekan, seperti cek gizi, berat badan, cek suhu, nadi, tensi darah, asam urat, kolesterol, hingga cek buta warna. "Kegiatan ini juga gratis," katanya.

Namun, terdapat beberapa pengecekan yang perlu membayar, seperti cek gula darah, asam urat, kolesterol, dan golongan darah.

Kalau tahun kemaren golongan darah itu tidak berbayar, sekarang berbayar,” ujar Sahrul.

Cek kesehatan gratis ini dibuka untuk umum, baik santri, alumni ataupun partisipan bisa melakukan cek kesehatan tersebut. Namun, untuk karyawan (guru, pengurus biro dan lainnya), untuk pengecekan pertama gratis. Namun, jika ingin melakukan cek kedua kalinya, mereka akan dikenakan biaya.

Afdhal Lutfan Abrari, bagian Administrasi kegiatan menjelaskan, jika persiapan kegiatan ini dilakukan beberapa Minggu sebelum acaraa. Pasalnya, Klinik Az-Zainiyah beserta Poskestren mengadakan pelatihan tiga minggu sebelumnya sesuai dengan pengecekan yang akan dilakukan. "Tiga kali setiap hari Jumat," pungkasnya.

Kegiatan ini tidak hanya melakukan pengecekan saja, namun ada tindak lanjut dari hasil pemeriksaan tersebut.

“Kalau ada hasil pemeriksaan yang gizinya kurang, maka mereka akan diberikan obat untuk diminum,” ungkapnya.

Penulis
Sukma Agung Adi Luwih
Editor
Abdul Razak

Tags :