HUT Bhayangkara ke 77: Antara Janji Kapolri, Amanat Presiden dan Harapan Masyarakat

Minggu, 02 Juli 2023 - 04:38
Bagikan :
HUT Bhayangkara ke 77: Antara Janji Kapolri, Amanat Presiden dan Harapan Masyarakat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum menyampaikan amanat dalam acara peringatan HUT Bhayangkara ke-77 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/7/2023). (Sumber Foto: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)

alfikr.id, Jakarta- Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Listyo Sigit Prabowo saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-77 di Gelora Bung Karno pada Sabtu (1/7/23), menyampaikan bahwa polri berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan institusi menjadi lebih baik dalam mengayomi masyarakat.

Upacara yang bertajuk "Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia maju" turut dihadiri oleh sejumlah pejabat Negara mulai dari Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Dengan kerendahan hati, Sigit, menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan aparat kepolisian yang menyinggung bahkan menyakiti hati masyarakat.

"Momentum hari Bhayangkara ke-77 Polri berkomitmen untuk berusaha keras melakukan perbaikan dan terus melakukan evaluasi agar menjadi lebih baik dan mengingat selalu sebagaimana pesan bapak Presiden Republik Indonesia yang selalu tertanam di hati bahwa polisi bukan sekedar profesi tapi sebuah jalan untuk mengabdi," ucap Kapolri Listyo, dikutip dari CNN Indonesia.

Bahkan, Listyo menegaskan bahwa dirinya dan segenap anggota Polri bertekad untuk mengabdikan diri menjadi pelayan publik yang baik. Dia mengatakan, saat ini Polri tengah berbenah dan akan terus mendegarkan saran serta kritik yang disampaikan oleh masyarakat.

"Polri telah membulatkan tekad untuk terus berbenah, siap melakukan koreksi untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, bangsa dan negara," imbuhnya.

Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara. Dalam sambutannya, mengatakan bahwa Polri setiap hari bersentuhan dengan masyarakat dan melayani rakyat, tapi lebih dari itu, Polisi perlu juga diawasi rakyat. "Gerak-gerik Polri sekecil apapun tidak bisa ditutup-tutup lagi," ujar Jokowi, dinukil dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengingatkan kepada Polri bahwa kepercayaan yang diberikan masyarakat merupakan hal penting dan dia menekankan bahwa Polri perlu untuk terus berbenah. "Kepercayaan terhadap Polri naik dari 60 hingga di atas 70 persen. Ini perkembangan baik dan jangan tajam ke bawah, tumpul ke atas," katanya.

Dilansir dari Channel Youtube CNN Indonesia, sebagian responden masyarakat Jakarta mengatakan sejumlah harapan kepada Polri bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-77. Kevin salah seorang responden, menjelaskan sebetulnya kinerja Polisi hari ini mulai membaik selama kepemimpinan Kapolri Listyo. "Tentu masih ada yang kurang baik, untuk itu bisa di perbaiki pada tahun ini dan tahun kedepannya," ungkap Kevin.

Hal serupa juga di ungkapkan Uun Nugraha dan Sasha. Bahkan, Sasha mengaku dalam hal laporan Polri masih terlalu lambat dan sulit, karena harapan masyarakat prosedur laporan itu sederhana dan mudah.

Selain itu, kedepannya internal Polisi harus lebih terbuka dan jujur. "Lebih mengayomi kepada masyarakat, dalam arti Polisi harus bisa memberikan contoh," ujar Sasha.

Penulis
Khoirul Anam
Editor
Imam Sarwani

Tags :