Peserta Ospektren Menyabet Juara 2 Lomba Debat Bahasa Arab Tingkat Nasional

Senin, 11 September 2023 - 00:08
Bagikan :
Peserta Ospektren Menyabet Juara 2 Lomba Debat Bahasa Arab Tingkat Nasional
Potret penampilan bakat Muhammad Sal Manulfaris sebagai peserta Orientasi Pengenalan Kampus dan Pesantren (Ospektren) 2023 di Aula 1 Pondok Pesantren Nurul Jadid, Minggu (10/9/2023), Pagi. [Moh. Syafakhorrahman/alfikr]

alfikr.id, Probolinggo- Muhammad Sal Manulfaris adalah salah satu peserta Orientasi Pengenalan Kampus dan Pesantren (Ospektren) 2023 Universitas Nurul Jadid (Unuja). ia memiliki Skill bahasa Arab.

Kepada alfikr Salman bercerita pernah mengantongi Juara 2 Lomba Debat Tingkat Nasional dalam ajang Lomba Maharojin Arab XVII 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (Unisma). Pengalaman yang gemilang ini membuatnya kian optimis melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Unuja. Apalagi dia memiliki harapan bahwa Unuja, khususnya Prodi PBA akan mampu memberikan ruang dalam mengembangkan potensinya.

“Untuk lebih meningkatkan lagi potensi, saya memilih melanjutkan ke Unuja di Prodi PBA. Apalagi bisa membawa Unuja lebih maju ke depannya,” harapnya.

Menurutnya, bakat dalam mengembangkan bahasa Arab membutuhkan waktu yang cukup lama. “Untuk bisa lancar berbahasa Arab saya selalu membiasakan diri setiap hari. Saya belajar sudah enam tahun. Hingga saya bisa lancar bahasa Arab sampai sekarang,” kata Salman sapaan akrabnya saat diwawacarai alfikr.

Selama tiga tahun dirinya telah berproses di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Pondok Pesantren Nurul Jadid. Selain memiliki kemampuan berbahasa Arab, ia juga memiliki keinginan untuk menjadi mahasiswa yang baik, kuat mental dan fisik.

Alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pesantren Nurul Jadid ini juga menambahkan, bahwa semoga nanti bisa membawa nama baik Unuja bersaing dengan pelbagai kampus besar dan elite di luar sana. Seperti, kata Salman, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, dan lain sebagainya.

Penulis
Moh. Syafakhorrahman
Editor
Adi Purnomo S

Tags :