Sustand Nable Nyambi Bedhe Dibhik Berperan Sebagai Upaya Pengurangan Sampah Plastik

Senin, 12 Februari 2024 - 19:54
Bagikan :
Sustand Nable Nyambi Bedhe Dibhik Berperan Sebagai Upaya Pengurangan Sampah Plastik
Pengunjung bazar, Jumat (10/02/2024).

alfikr.id, Probolinggo - Bazar Harlah di Pondok Pesantren Nurul Jadid (PPNJ) merupakan agenda tahunan yang diadakan sebelum acara Haul dan Harlah para Masyayikh PPNJ. Tim Pekerja Umum dan Lingkungan Hidup (PULH) mengorganisir bazar ini, yang berlangsung dari Jumat (09/02/23) hingga Senin (12/02/23) di sekitar PPNJ.

Stand bazar tahun ini, yang diberi nama Sustand Nable Nyambi Bedhe Dibhik, memiliki inovasi untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik dengan menggalakkan sistem tukar stempel dengan hadiah.

Pengunjung bazar, Jumat (10/02/2024). 

Pengunjung dapat mendapatkan stempel dengan membawa wadah sendiri, seperti botol minum, tas, dan kotak makan, yang harus diperlihatkan kepada petugas stand.

Alternatif lain adalah dengan mengumpulkan botol minuman atau kemasan air gelas yang sudah dibersihkan. Stempel-stempel tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah atau disimpan hingga kolomnya penuh untuk hadiah lebih menarik.

Inisiatif Sustand Nable Nyambi Bedhe Dibhik muncul dari keprihatinan Tim PULH terhadap sampah plastik yang sering terbengkalai setelah acara, dan mereka berharap stand ini tidak hanya meminimalisir sampah plastik tetapi juga menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi pengunjung dan warga Nurul Jadid.

Tim PULH berharap agar stand ini dapat mendorong kesadaran dan kepedulian warga Nurul Jadid terhadap lingkungan.

Penulis
Aisyah
Editor
Ibrahim La Haris

Tags :