Ekspedisi Merah Putih: Meningkatkan Semangat Kebangsaan dan Nasionalisme

Senin, 19 Agustus 2024 - 18:55
Bagikan :
Ekspedisi Merah Putih: Meningkatkan Semangat Kebangsaan dan Nasionalisme
Pergelaran Pawai Budaya Ekspedisi Merah Putih. [Sumber Foto: SAN Chapter Probolinggo]

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 79, Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Probolinggo kembali menggelar Ekspedisi Merah Putih (EMP) kedua kalinya di Desa Dawuhan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. 

EMP merupakan kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kebangsaan dan nasionalisme warga setempat. Pelaksanaan kali ini mengusung tema “Merayakan Indonesia, Memperkuat Persatuan”, yang diharapkan dapat melestarikan dan memperkenalkan budaya daerah, khususnya kepada anak-anak. 

Pelaksanaan lomba salur air Ekspedisi Merah Putih. [Sumber Foto: SAN Chapter Probolinggo]

Berbagai kegiatan edukatif dan menyenangkan dalam EMP ini, seperti lomba anak-anak dan dewasa, pawai budaya, serta pentas seni. Lombanya meliputi makan kerupuk, trenggiling kardus, memasukkan paku dalam botol, susun gelas pakai tali, balon, salur air, lempar air, dan bola karet.

Acara dilangsungkan selama enam hari, dari tanggal 12 sampai 17 Agustus. Di hari pertama hingga hari ke empat (12–15), dimulai dengan kegiatan perlombaan. Sementara 17 Agustus di sore harinya, dilangsungkan pawai budaya. 

Sedangkan puncak acara digelar 17 Agustus pada malam harinya, dengan diisi berbagai hiburan, seperti pentas seni dan tari-tarian. Di malam ini pula, pembagian hadiah dan doorprize dari pemenang lomba yang telah diadakan sebelumnya.

Pelaksanaan pawai budaya Ekspedisi Merah Putih. [Sumber Foto: SAN Chapter Probolinggo]

Ketua SAN Chapter Probolinggo, Lailatul Mufarrohah Leyasa B-a, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung suksesnya ekspedisi tahun ini. Ia juga bersyukur dapat melaksanakan EMP kedua di Desa Dawuhan, yang telah menjadi bagian penting dari perjalanan komunitasnya.

“Kami merasa terhormat dapat melanjutkan kolaborasi dan kerja sama yang telah terjalin. Kegiatan ini tidak hanya sekadar ekspedisi, tetapi merupakan wujud komitmen kami untuk berkontribusi memberikan manfaat bagi warga setempat,” ungkap Lailatul Mufarrohah dalam sambutannya.

Perwakilan perangkat Desa Dawuhan, Bapak Mustafa, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kerja keras Lailatul Mufarrohah dan kawan-kawannya. SAN Chapter Probolinggo, menurut Mustafa, telah menjadi bagian integral dari Ekspedisi Merah Putih di Desa Dawuhan. 

“Keterlibatan SAN Chapter Probolinggo selama dua tahun berturut-turut menunjukkan komitmen dan semangat mereka menjalankan kegiatan ini. Kami sangat menghargai kesempatan untuk bekerja sama dengan komunitas lokal,” pungkasnya.

Penulis
Shahib Kholil Rahman
Editor
Khoirul Anam

Tags :