Menpora Ingin Pemuda Kreatif Mendapat Tempat Berkesenian

Minggu, 23 Oktober 2016 - 18:12
Bagikan :
Menpora Ingin Pemuda Kreatif Mendapat Tempat Berkesenian
Menpora Imam Nahrawi didampingi istrinya Shobibah Rohmah saat menghadiri Roadshow, Talkshow, dan Gelar Musik Angklung Bank Musik di Saung Angklung Udjo, Padasuka-Bandung, Ahad (23/10). (Foto: Humasn Kemenpora RI)

BANDUNG, ALFIKR.CO - Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, menghadiri Roadshow, Talkshow, dan Gelar Musik Angklung Bank Musik di Saung Angklung Udjo, Padasuka-Bandung, Ahad (23/10). Imam Nahrawi menyampaikan, Bank Musik Indonesia merupakan ide dan terobosan yang digagas agar negara terlibat aktif dalam mendorong pelestarian budaya nusantara.
 
"Dengan bank musik, pemuda Indonesia yang kreatif dan inovatif di bidang musik, dapat berperan dalam peningkatan pertumbuhan dan perekonomian daerah maupun nasional, dan menjadikan aspek budaya nasional sebagai bagian dari proses inovasi dan kreativitas," ujarnya. 

Acara ini pula, kata Imam, menjadi bagian dari pusat penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda-pemuda kreatif di bidang musik yang juga mencintai budaya Indonesia. 
 
Imam menambahkan, hasil kreasi musik itu dapat ditampilkan di panggung terbuka dengan harapan lahirnya pemusik-pemusik yang tidak hanya handal dan profesional, namun juga kreatif dan kompetitif di bidang musik. 

"Bank musik adalah lembaga atau wadah berupa ruang publik tempat berinteraksi dan belajar bagi para pemuda kreatif/produktif, pencinta musik dan kreator musik dalam menghasilkan karya seni musik nusantara," tambahnya.
 
Sementara itu, Pimpinan Saung Angklung Udjo, Sam Udjo menyampaikan, sangat bersyukur dengan dilakukannya roadshow bank musik ke saung angklung. Hal ini menunjukkan komitmen dari pemerintah terhadap budaya nusantara yang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia
 
Sam Udjo menuturkan, sejak diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, angklung diminta untuk selalu memberikan laporan perkembangannya kepada UNESCO. Dengan adanya komitmen dan perhatian pemerintah, akan semakin memperteguh keberadaan angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia di Indonesia. 

Hadir dalam acara ini, Plt. Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Staf Khusus Menpora Bidang Kepemudaan Zainul Munasichin, Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Enny Budi Sri Haryani.*

Penulis
Editor
Ahmad Efendi

Tags :