Kiai Zuhri : Teladani Rasulullah Jika Krisis Ingin Teratasi

Sabtu, 31 Desember 2016 - 17:02
Bagikan :
Kiai Zuhri : Teladani Rasulullah Jika Krisis Ingin Teratasi
Kiai Moh Zuhri Zaini mengajak umat agar meneladani ahlak Nabi Muhammad agar umat Islam keluar dari multi krisis. (Foto: ALFIKR.CO)

PROBOLINGGO, ALFIKR.CO – Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Karanga Anyar, Paiton, Probolinggi, KH. Moh Zuhri Zaini, mengajak masyarakat untuk membenahi multi krisis yang terjadi di tengah-tengah masyarakat akhir-akhir ini. Cara yang bisa dilakukan yakni dengan meneladani ahlak Rasulullah Muhammad SAW.

Menurut Kiai Zuhri, menghadirkan kehidupan yang dijalani Rasulullah pada saat ini, baik secara pribadi maupun secara kolektif akan menjadi solusi atas semua persoalan yang terjadi.

“cara menghadirkan Rasulullah saat ini yaitu dengan bersalawat dengan husuk. Maka Rasulullah akan hadir secara ruhani dan akan menjadi keamanan bagi kita,” terang Kiai Zuhri, saat menyampaikan tausiyahnya dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad yang digelar pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid, Kamis (29/12/2016).

Kiai yang juga pengurus Syuriah PWNU Jawa Timur ini menambahkan, untuk menghadirkan beliau secara jasmani dengan cara mengikuti ajaran-ajaran nabi dan meneladani akhlak nabi.  Sebab, sekarang umat manusia, mengalami krisis moral yang berdampak pada krisis-krisis yang lain.

“Mari kita bersama-sama memperbaiki ahlak kita masing-masing. Sebab, kepintaran dan kepandaian seseorang akan sia-sia tanpa didukung dengan ahlak yang mulia,” imbuhnya.

Selain itu, kelahiran Nabi Muhammad harus disyukuri oleh umatnya. Nabi Muhammad sebagai manusia pilihan yang diutus oleh Allah SWT untuk memperbaiki akhlak umat manusia. Kelahiran Nabi Muhammad merupakan nikmat yang agung dan patut disyukuri.

“Misi utama dan pertama Rasulullah yakni untuk menyempurnakan ahlak umat. Maka kita sebagai umatnya, tidak ada alasan untuk tidak meneladani ahlak Rasulullah.”

Dikatakan alumni Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan ini, banyak umat saat ini yang sudah melupakan kepribadian dan perjuangan serta ahlak Rasulullah. Hal ini karena banyak yang mengidolakan orang lain selain Rasulullah.*

Penulis
Mundir Mufidi
Editor
Ahmad Efendi

Tags :