Targetkan 1 Juta Wisatawan, Ini Destinasi Andalan Banda Aceh

Rabu, 29 Januari 2020 - 00:54
Bagikan :
Targetkan 1 Juta Wisatawan, Ini Destinasi Andalan Banda Aceh

ACEH, ALFIKR.CO- Menjelang tujuh belas tahun Bencana Tsunami yang melanda Aceh pada 2004 silam, kini kota dengan julukan Serambi Mekah itu perlahan-lahan mulai bangkit. Salah satunya pada sektor wisata.

Pemerintah Kota Banda Aceh menargetkan 1 juta wisatawan pada 2021 mendatang, “Dengan tren wisata yang kian meningkat, dan terus naik secara konsisten, kami percaya target tersebut dapat dicapai," ungkap Wali Kota Banda Aceh, Aminullah, sebagaimana dilansir antaranews.com.

Pelbagai upaya dilakukan untuk menarik minat wisatawan. Mulai dari pembenahan objek wisata hingga branding media. “Terbukti pada 2017 jumlah kunjungan wisatawan mecanpai 288 ribu orang, 2018 naik 380 ribu, dan 2019 meningkat tajam hingga 500 ribu lebih wisatawan domestik maupun mancanegara," paparnya.

Nah, Berikut sejumlah destinasi Kota Banda Aceh yang akan menjadi jurus andalan untuk mengejar target 1 juta wisatawan:                        

1. Masjid Baiturrahman


Dibangun pada 1612 M, Masjid Baiturrahman memiliki 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk. Pasca Tsunami Aceh pada 2004, masjid ini jadi monumental. Saat bangunan sekitarnya rata dengan tanah, masjid ini berdiri dengan kokoh dan menjadi tempat berlindung warga dari terjangan tsunami.

2. Kapal PLTD Apung


Kapal seberat 2600 ton ini jadi saksi biksu dahsyatnya tsunami Aceh. Sejak April 2012, di sekeliling area dipagari besi setinggi 1,5 meter. Beragam fasilitas ditambah, mulai dari jembatan, prasasti hingga ruang dokumentasi.

3. Museum Tsunami


Dibangun 2009, museum ini merekam momen-momen menegangkan dan berbagai sisa tragedi tsunami 2004 lalu. Wisatawan bisa mengenang sekaligus mengenal lebih dalam tentang seluk beluk tsunami.

4. Kapal ikan di atas rumah


Mayoritas wisatawan yang datang ke wisata Banda Aceh satu ini penasaran akan kisah sebuah kapal yang berhasil menyelamatkan 59 nyawa saat tsunami terjadi. Uniknya, gelombang besar yang menyeret kapal ini justru membuatnya tersangkut di atap salah satu rumah warga.

Penulis
Abdur Rozak
Editor
Jawahir

Tags :