Pekan Amza 2020 Program Amtsilati Usai Dilaksanakan

Jum'at, 25 September 2020 - 16:25
Bagikan :
Pekan Amza 2020 Program Amtsilati Usai Dilaksanakan

ALFIKR.CO, PAITON- Program Amisilati Wilayah Zaid Bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid (PPNJ), usai mengadakan Penutupan dan Pembagian Hadiah Pekan Lomba Amza 2020 yang bertempat di Musala Wilayah, pada Kamis malam (24/09/20).

Pekan lomba berlangsung selama satu minggu, terhitung sejak tanggal 17- 24 September. "Acara ini ialah salah satu bahan evaluasi kegiatan tahunan, yang diselenggarakan oleh Program Amtsilati Wilayah Zaid bin Tsabit," ujar Kordinator Amtsilati dalam sambutannya.

Agar tidak monoton, acara yang digelar setiap tahunnya ini pun melakukan pelbagai inovasi. Salah satunya dengan penambahan hari dan aneka ragam kompetisi. Karena pada tahun sebelumya, 2019 lau acara tersebut hanya berlangsung selama sehari-semalam.

Affan Muzakki, Koordinator Bagian Kompetisi menanggapi, dengan bertambahnya hari Pekan Amza secara otomatis kompetisi juga ada penambahan. “Diantaranya, Pertama, Kompetisi mencari mufrodat (kosa kata Arab) dalam kamus at-Taufiq, hal ini untuk melatih kecepatan IQ (kecerdasan intelektual) masing-masing peserta,” jelasnya.

Kedua, Kompetisi Qiroatul kitab (membca kitab kuning), untuk meningkatkan dan mengetahui kualitas serta potensi setiap peserta didik dalam memahami kitab kuning. Ketiga, Kompetisi Cerdas-cermat Nahwu dan Sorrof, hal ini untuk melatih ketelitian peserta didik di setiap kalimat dalam kitab.

Keempat, Olimpiade Nahwu dan Sorrof. Kelima, Kompetisi Hifdzun Nadzom (Hafalan. Dan Keenam adalah Kompetisi Kebersihan Kamar, bertujuan untuk melihat loyalitas peserta dalam merawat merapikan serta memperindah kamarnya dengan nilai kebersihan bagian dari iman.

“Tujuan diadakan Pekan AMZA '20 Bukan semata-mata untuk hiburan serta refreshing saja, melainkan untuk mengetahui potensi kualitas serta kesungguhan dalam mempelajari kitab klasik atau kitab kuning,” tegasnya kepada ALFIKR.CO.

Dalam hal ini, Amtsilati adalah salah satu program atau metode pembelajaran baca kitab kuning untuk pemula. Program ini dicetuskan pertama kali oleh KH Taufiqul hakim, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Jepara Jawa tengah. Dan sejak tahun 2009, Wilayah Zaid bin Tsabit telah menerapkan program tersebut.

Penulis
Moch. Yufi
Editor
Zainul Hasan R.

Tags :