Gus Fahmi: E-Bekal Merupakan Pintu Awal Kemandirian Ekonomi Pesantren

Jum'at, 06 November 2020 - 04:32
Bagikan :
Gus Fahmi: E-Bekal Merupakan Pintu Awal Kemandirian Ekonomi Pesantren
apk.support

ALFIKR.CO, PAITON- Aplikasi E-Bekal Santri atau Kartu Belanja Santri merupakan program yang baru saja dikeluarkan oleh Pondok Pesantren Nurul Jadid pada tanggal 1 November 2020. Program ini bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah dan PT TKI (Teknologi Kartu Indonesia).

Gus Fahmi AHZ, selaku Kepala Biro Pengembangan PP Nurul Jadid menyampaikan, sistem yang digunakan dalam E-Bekal ini berbasis Pedatren (Pengelolaan data pesantren) dan terhubung dengan handphone wali santri. Sehingga wali santri dapat mengetahui perkembangan keuangan anaknya setiap saat.

“Ini merupakan jawaban dari pesantren atas masukan wali santri, yang selama ini ingin mengetahui saldo anaknya. Jadi wali santri tidak perlu repot-repot telepon ke pesantren atau mencari nomor yang bisa dihubungi. Langsung saja masuk aplikasi untuk mengetahui kondisi anaknya,” kata Gus Fahmi pada ALFIKR.CO.

Disamping memberikan kemudahan bagi wali santri, E-Bekal juga menjamin keamanan uang penggunanya khususnya santri. “Kalau kartunya hilang uangnya tidak ikut hilang dan keunggulannya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan bersama karena sistemnya semacam pasar tertutup dan hanya bisa dilakukan di area-area tertentu (close loop),” tegasnya.

Untuk itu, Kepala Biro Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Jadid berharap, aplikasi E-Bekal dapat digunakan dan dikelola secara mandiri. “Ini pintu awal untuk melakukan pengembangan kemandirian ekonomi pesantren,” tuturnya.

Penulis
Abdur Rozak
Editor
Abdul Haq

Tags :