Presiden Jokowi Ingin Perkuat Kemitraan ASEAN-Selandia Baru di Pasifik

Sabtu, 14 November 2020 - 13:32
Bagikan :
Presiden Jokowi Ingin Perkuat Kemitraan ASEAN-Selandia Baru di Pasifik
Foto: setneg.go.id

ALFIKR.CO, JAKARTA- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada Perdana Mentri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, yang terpilih kembali setelah memenangi pemilihan umum pada Oktober 2020.

Hal itu, diungkapkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN)-Selandia Baru di Istana Kepresidenan Bogor secara virtual, pada Sabtu (14/11/20).

“Saya ingin mulai dengan menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya, Jacinda Ardern, sebagai PM Selandia Baru,” katanya.    

Selain memberikan ucapan selamat, dalam penyampainnya, Jokowi juga mendorong penguatan kemitraan ASEAN-Selandia Baru yang sudah berlangsung selama 45 tahun dalam beberapa isu.

Pertama, Jokowi mendorong agar kemitraan di Pasifik Selatan diperkuat. Sejauh ini, hubungan Selandia Baru dengan negara-negara pasifik selatan sudah cukup kuat. Sehingga, Indonesia dan ASEAN juga ingin memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik Selatan.

“Hubungan baik dengan negara-negara Pasifik Selatan dapat digunakan untuk memperkuat kemitraan kita, termasuk dalam bidang perikanan dan perubahan iklim. ASEAN Outlook on the Indo-Pacific tentunya dapat dijadikan pijakan  bagi pengembangan kerja sama dengan Pasifik Selatan,” ujarnya, dilansir dilaman kompas.com.

Kedua, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, memandang ASEAN-Selandia Baru perlu memperkuat kerja sama penguatan multilateralisme.

Ketiga, ASEAN-Selandia Baru perlu memperkuat integrasi ekonomi kawasan yang saling menguntungkan sebagai salah satu perwujudan multilateralisme tersebut. Oleh karena itu, Indonesia menyambut baik keputusan Selandia Baru untuk menandatangani Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Penulis
Badrul
Editor
M. Risky

Tags :