Program Menteri BUMN Terhadap Para Nelayan

Jum'at, 09 September 2022 - 04:02
Bagikan :
Program Menteri BUMN Terhadap Para Nelayan
sumber: suara.com

alfikr.id, Probolinggo - Pemerintah membuat program solar untuk koperasi nelayan dalam menanggapi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk nelayan yang sedang mengalami kesulitan di masa kenaikan harga BBM, dilansir dari laman Kompas.com.

Erik Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyampaikan, bahwa ini merupakan suatu kebijakan tepat yang di ambil oleh pemerintah. Alasan utama pengurangan BBM bersubsidi ini, karena rata-rata bahan bakar bersusidi banyak dinikmati oleh kalangan menengah ke atas. Diharapkan dengan program tersebut dapat meringankan beban para nelayan.

Kita akan meluncurkan program solusi nelayan  di mana program ini ialah program solar untuk koperasi nelayan. Kita akan coba di tujuh titik sebagai pilot projeck dalam tiga bulan kedepan,” ucapnya dalam keterangan pers bersama Menteri koperasi dan UKM. (05/09/2022).

Erik mengatakan, bahwa program ini di pastikan akan tepat sasaran karena menggunakan metode skema per-nama beserta alamat. Selain itu, program di tujuh titik ini merupakan proyek percontohan. Jika sukses dalam tiga bulan ke depan, ini akan menjadi program kebijakan pemerintah yang akan di salurkan ke seluruh Nusantara.

Kita mulai secara bertahap untuk membantu nelayan yang membutuhkan. Kita buktikan bahwa pemerintah hadir, pemerintah memberikan solusi untuk nelayan, tegas mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Senada dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, bahwa program ini akan memberikan pengaruh terhadap kesejahteraan nelayan. “Koperasi nelayan ini akan mempermudah mereka (nelayan) dalam mendapatkan solar,” dedahnya.

Selain itu, Nicke Widyawati, Direktur Utama (Dirut) pertamina, menuturkan tujuh lokasi yang akan menjadi pilot projeck dalam program untuk koperasi nelayan di antaranya ialah Lhonga (Aceh), Deli Serdang, Indramayu, Pekalongan, Semarang, Surabaya, dan Lombok Timur. Kabarnya, pada awal Desember akan berlangsung di Indonesia.

“Pertamina menyambut baik program ini karena akan memudahkan pertamina dalam menyalurkan BBM bersubsidi untuk nelayan karena melalui koperasi ini yang anggotanya by name by address bisa di pastikan bisa tepat sasaran, yaitu kepada nelayan,” pungkasnya seperti dilansir dari Kompas.com

Penulis
Hafidi
Editor
Adi Purnomo S

Tags :