Keindahan Wisata Batu So’on Bondowoso Diminati Wisatawan Lokal hingga Mancanegara

Jum'at, 16 September 2022 - 05:06
Bagikan :
Keindahan Wisata Batu So’on Bondowoso Diminati Wisatawan Lokal hingga Mancanegara
Batu Soon Cermee Bondowoso

alfikr.id, Bondowso - Jika Inggris memiliki Stonehenge, yang merupakan salah satu peninggalan The United Nations Educational Scientific and Cultural Organizing (UNISCO), maka Indonesia juga memiliki wisata Beto So’on (Batu Susun). Batu-batu yang tersusun rapi secara vertikal itu saat diamati  mirip dengan Stoneheng.

Beto So’on (Stonehenge), begitulah warga Bondowoso menyebutnya. Terletak di sisi timur Kabupaten Bondowoso, tepatnya Desa Solor Kecamatan Cermee. Untuk sampai lokasi Batu So’on memakan waktu sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan sepeda motor dari Alun-Alun Bondowoso.

Wisata ini memiliki keunikan tersendiri. Terdapat sebuah batu yang berdiri tegak sekitar 25 meter dan tersusun dengan rapi. Wisata ini juga termasuk jujukan berlibur yang sayang untuk dilewatkan. Sebab batu-batu itu terbentuk dengan sendirinya. Tanpa campur tangan manusia. Keindahan itu disempurnakan dengan panorama alam yang begitu memukau.

Arif Setyo Raharjo, Kepala Bidang Pariwisata Disparpora mengungkapkan bahwa Beto So’on merupakan destinasi wisata favorit. Dilansir dari Kompas.com ia menyebut bahwa Beto So’on merupakan salah satu tujuan wisata yang paling banyak di kunjungi.

Untuk menikmati keindahan wisata tersebut, kalian bisa mengunjungi pada hari Sabtu-Kamis mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Karcis masuk pun ramah di kantong, yakni sebesar Rp7.000 termasuk uang parkir.

Selain itu wisata tersebut sangat direkomendasikan untuk dijadikan tempat camp. Lokasi sejuk dengan tanah lapang terbentang luas. Di sisi lain, para pengunjung juga dapat berfoto di beberapa spot selfie.

Ada beberapa tempa swafoto yang disediakan yakni;  Menara Pandang, BroadWalk, Sangkar Sarang Burung, dan Jaring Laba-laba. Selain itu wisaya tersebut juga menyediakan fasilitas wahana bermain anak-anak dengan tarif Rp. 2.000 per orang.

Dengan jalan yang sudah beraspal, membuat para wisatawan, bisa menikmati perjalanan yang aman dan nyaman. Sementara itu, bagi para pengunjung dari luar kota, juga tak perlu khawatir akan tersesat. Pemkab Bondowoso telah memasang petunjuk jalan menuju Beto So’on.

Penulis
Masrur Luai Sadullah
Editor
Adi Purnomo S

Tags :