Gili Ketapang: Wisata Bahari dan Petilasan Sunan Giri

Minggu, 02 Oktober 2022 - 02:36
Bagikan :
Gili Ketapang: Wisata Bahari dan Petilasan Sunan Giri
Pelabuhan Gili Ketapang. [Foto: alfikr.id/Zulfikar]

alfikr.id,  Probolinggo -  Pulau yang terletak di perairan Selat Madura dengan luas wilayah 61 hektar persegi itu bernama Gili Ketapang. Pulau tersebut masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo dengan jumlah penduduk 8.509 jiwa.

Untuk menuju Pulau Gili Ketapang memakan waktu sekitar 30-40 menit menggunakan kapal kayu, melalui pelabuhan Tanjung Tembaga, Mayangan, Probolinggo. Dengan tarif 20.000 ribu per orang para wisatawan sudah dapat menikmati keindahan pulau tersebut.

Pulau Gili Ketapang memiliki keindahan panorama dan karang laut. Potensi keindahan bawah laut serta kehidupan biota lautnya dapat dinikmati melalui snorkeling. Hal inilah yang menjadi ketertarikan tersendiri bagi para wisatawan.

Pemandangan pantai Gili Ketapang. [Foto: alfikr.id/Zulfikar]

Selain menjadi pulau wisata bahari, Pulau Gili Ketapang juga dikenal memiliki wisata religi yaitu Goa Kucing. Konon  Goa kucing merupakan salah satu petilasan Syekh Maulana Ishaq atau Sunan Giri.

Diikutip dari Bhirawa online.ac.id, Sunan Giri menyebarkan agama Islam dari satu daerah ke daerah lain. Dalam perjalanannya menuju Banyuwangi, Syeh Maulana Ishaq terlebih dahulu singgah di Pulau Gili Ketapang. Selama berada di Gili Syeh Maulana Ishaq memelihara kucing-kucingan yang ada di dalamnya terdapat tulisan-tulisan bahasa Arab. 

Ketika tokoh penyebar agama meninggalkan pulau ini, kucing-kucing tersebut ditinggalkan begitu saja. Tetapi anehnya setiap malam Jumat Legi suara kucing itu sering terdengar di Goa tempat tinggalnya.

Suparyono Kepala Desa Gili ketapang menjelaskan, kucing tersebut berbeda dengan kucing pembohong pada umumnya. "Kalau kucing liar pasti lari saat bertemu dengan orang, tapi kucing ini seperti menunggu orang," pungkasnya.

Penulis
Muhammad Fahmi Zamzamy
Editor
Zulfikar

Tags :