4G dan 5G, Ini Kekurangan dan Kelebihannya

Rabu, 05 Oktober 2022 - 22:51
Bagikan :
4G dan 5G, Ini Kekurangan dan Kelebihannya
Ilustrasi. Sumber Gambar; [Selular,id]

alfikr.id, Jakarta- Perkembangan teknologi yang sangat pesat merupakan tanda bahwa zaman semakin maju. Teknologi yang semakin maju membuat jaringan yang digunakan juga terus mengalami kemajuan. Berawal dari jarinigan seluler 1G yang dibuat oleh Nippon Telegraph and Telephone (NTT) pada tahun 1979 di Tokyo, Jepang, hingga jairngan seluler 5G yang kita gunakan sekarang.

Seperti kemajuan pada jaringan 4G dan 5G telah membawa perubahan yang cukup signifikan. Kedua teknologi ini memiliki manfaat yang sama namun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut kelebihan dan kekurangan jaringan 4G dan 5G yang dilansir dari KontenPedia.com.

1. Kecepatan jaringan. Dilihat dari sebutannya, 5G memilihi intensitas lebih daripada 4G. secara teori, 4G mampu memaksimalkan kecepatan jaringan hingga angka 300 Mbps, walaupun hanya berlaku di negara-negara maju yang teknologinya mumpuni. Sedangkan 5G mampu  bisa mencapai kecapatan jaringan seluler hingga 1 Gbps atau sepuluh kali lipat dari 4G.

2. Dukungan mobilitas. Dalam hal ini, kedua jaringan seluler ini sama-sama memiliki peningkatan dukungan mobilitas yang tingkat tinggi kepada penggunanya. Perbedaannya adalah, jaringan seluler 5G masih berada dalam tahapan pengembangan proyek.

3. Keamanan. Dalam fitur keamanan jaringan 4G dan 5G, keduanya sama sama masih memiliki kelemahan. Namun, jika kita lihat perbedaan dari kedua jaringan ini. 5G masih dalam keadaan proses pengembanan. Melihat 5G adalah jaringan yang baru digunakan di negara-negara yang teknologinya sangat maju.    

                

Penulis
Andre Dimas Fernando
Editor
Zulfikar

Tags :