BAZNAS Memberikan Beasiswa Pendidikan dan Pusat Kesehatan Pada Korban Tragedi Kanjuruhan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 21:35
Bagikan :
BAZNAS Memberikan Beasiswa Pendidikan dan Pusat Kesehatan Pada Korban Tragedi Kanjuruhan
Ketua Baznas Professor Noor Achmad, di Jakarta, Senin (3/10/2022), mengatakan Baznas siapkan bantuan beasiswa pendidikan kepada para anak korban tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. [Sumber: Republika.co.id]

alfikr.id, Jakarta- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia belasungkawa atas korban tragedi Kanjuruhan. Bukan hanya belasungkawa, Baznas juga memberikan bantuan beasiswa pendidikan bagi para anak korban, dengan memprioritaskan kepada para anak yang orang tuanya meninggal dunia.

Menurut Ketua Baznas RI, Noor Achmad, salah satunya yang harus diperhatikan adalah keberlangsungan pendidikan para anak yang orang tuanya meninggal dunia dalam peristiwa itu. Dari tragedi itu, Baznas akan menyiapkan program beasiswa pendidikan hingga bangku perguruan tinggi.

Noor melanjutkan, hingga kini skema program beasiswa pendidikan bagi korban tragedi Kanjuruhan masih terus digodok oleh Baznas. Mereka masih harus berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Daerah Malang, agar bantuan tepat sasaran.

Tidak hanya beasiswa, Baznas juga menyiapkan bantuan berupa santunan untuk korban tragedi Kanjuruhan, khususnya orang yang berhak menerima zakat. Menurut Noor, untuk kelancaran bantuan, Baznas RI telah berkoordinasi dengan Baznas se-Jawa Timur, Insyallah akan segera terlaksana, sambil menunggu proses pendataan.

Jalur pendidikan memang menjadi salah satu fokus perhatian Baznas dalam membantu dan mengangkat perekonomian masyarakat rentan, agar mampu bertransformasi menjadi muzakki—orang yang memberi zakat—di kemudian hari.

Selain itu, sejak Minggu (2/10/2022), Baznas membuka Crisis Center untuk membantu dan melayani kebutuhan korban tragedi Kanjuruhan yang berlokasi di Kantor Baznas, Matraman, Jakarta Timur. Tempat itu difungsikan sebagai pusat koordinasi dan informasi respons Baznas terkait dengan tragedi Kanjuruhan.

Baznas juga memberikan bantuan medis dengan mengirim tiga unit ambulan beserta tim medis dari Rumah Sehat Baznas Sidoarjo, Baznas Jawa Timur, dan Baznas Kabupaten Malang. Pemberian pendampingan psikologis bagi keluarga juga dilakukan oleh Baznas.

“Pendampingan secara psikologis demi melepas rasa trauma para korban luka maupun keluarga yang ditinggalkan, turut menjadi perhatian Baznas,” ujar Saidah Sakwan, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan saat dihubungi yahoo!berita, Senin (3/10/2022) di Jakarta.

Saidah menambahkan, Baznas sangat prihatin dan menyampaikan duka mendalam atas tragedi Kanjuruhan di Malang. Baznas langsung mendirikan Crisis Center demi memberikan pelayanan terbaik kepada korban, serta komunikasi yang terus terjalin dengan tim di Malang, untuk mendata apa saja yang dibutuhkan di sana,” terang dia.

Santunan kepada mereka yang kehilangan tulang punggung keluarga juga disiapkan oleh Baznas. Pasalnya, jika pencari nafkah keluarga meninggal, maka akan berdampak serius terhadap kondisi perekonomian keluarga.

“Kami akan berusaha maksimalkan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat terdampak. Baznas sangat berharap tak ada lagi kejadian serupa yang merenggut nyawa anak bangsa. Semoga para korban luka dan keluarga yang ditinggalkan dapat kembali bangkit dan diberikan ketabahan,” harap Saidah. 

Penulis
Khoirul Anam
Editor
Adi Purnomo S

Tags :