Indonesia dan Mesir Bangun Komitmen Bersama tentang Isu Perubahan Iklim

Kamis, 06 Oktober 2022 - 09:30
Bagikan :
Indonesia dan Mesir Bangun Komitmen Bersama tentang Isu Perubahan Iklim
Wakil presiden Ma’ruf Amin menerima kunjungan Duta Besar Mesir Ashraf Mohamed Moguib Sultan di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Rabu (5/10/2022) siang. [Foto: Kompas.id]

alfikr.id,Probolinggo - Isu perubahan iklim, menjadi sorotan utama bagi seluruh negara termasuk Indonesia dan Mesir. Kedua negara tersebut akan memberikan dukungan dan meningkatkan kerja sama dengan pelbagai negara terkait isu perubahan iklim.

Seperti dilansir dari laman website wapresri.go.id. Wakil Presiden (Wapres), Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin memaparkan bahwa isu perubahan iklim dan netralisasi karbon (zero Emissions), merupakan isu penting bagi semua negara, untuk itu perlu adanya kesepakatan bersama demi kepentingan bersama pula.

“Sebaiknya memang yang mejadi fokus adalah climate change yaitu isu penting. Sejalan juga dengan G20, masalah energi baru dan zero emissions isu yang dikembangkan dan adanya kerja sama dari semua negara, multilateral," katanya. 

Indonesia dan mesir di tahun 2022, memiliki peran strategis, sebab kedua negara tersebut memiliki peran strategis dalam ketentuan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) dunia. Sementara Mesir menjadi tuan rumah dalam kenduri KTT Perubahan Iklim PBB 2022 (COP27).

“Sebaiknya memang yang mejadi fokus adalah climate change yaitu isu penting. Sejalan juga dengan G20, masalah energi baru dan zero emissions isu yang dikembangkan dan adanya kerja sama dari semua negara, multilateral,” ujarnya kepada wartawan POSKOTA.

Mengenai pelaksanaan KTT COP27 akan berlangsung pada November 2022. Duta Besar (dubes) Mesir, Ashraf Sultan berharap akan memperkuat hubungan dengan Indonesia terkait isu perubahan iklim dan masalah lainnya.

Penulis
Agus Wahyudi
Editor
Abdul Razak

Tags :