Piala Asia U-17 2023: Timnas Indonesia Raih Kemenangan Atas Palestina 2-0

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 13:25
Bagikan :
Piala Asia U-17 2023: Timnas Indonesia Raih Kemenangan Atas Palestina 2-0
Timnas Indonesia U-17 menang 2-0 atas Palestina [Sumber Foto: detik.com/Rifkianto Nugroho]

alfikr.id, Jakarta- Hasil positif kembali diraih Timnas Indonesia U-17 dengan menorehkan kemenangan 2-0 atas Palestina dalam laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (7/10/2022). Keberhasilan ini membawa Garuda Asia memuncaki klasemen dengan menggusur Malaysia.

Meski begitu, Palestina masih punya satu pertandingan lagi melawan Guam. Laga itu akan dimainkan pada Minggu, 9 Oktober 2022. Pertandingan itu tidak menentukan apapun, karena kedua tim sudah dipastikan tersingkir.

Babak pertama dimulai, Garuda Asia menampilkan permainan menekan sehingga merepotkan barisan pertahanan Palestina. Pada Menit ke- 8 Timnas Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol bunuh diri bek Palestina, Ibrahim Alfuqaha. Bermula dari umpan silang Habil Abdillah mencoba dihalau Ibrahim, namun sapuan bola justru meluncur ke gawang sendiri.

Empat menit berselang, giliran pemain muda Persija, Jehan Pahlevi mencoba lewat tendangan keras menusuk dari sisi sayap. Namun usaha untuk menggandakan keunggulan Indonesia belum berhasil karena sepakannya bisa diredam Mohammed Abushaqra.

Palestina mempunya kesempatan untuk menyamakan skor pada menit ke-23 skema serangan cepat yang dilancarkan Mohammaed Manassra bisa menyambar umpan tarik. Kiper Timnas Indonesia, Andrika Fathir mampu menepis dengan baik bola yang mengarah kepadanya. 

Indonesia masih mendominasi hingga pertengahan babak pertama. Muhammad Kafiatur Rizky memberi umpan terobosan kepada Arkhan Kaka hanya saja tembakannya justru melambung. Pasukan Bima Sakti gagal menambahkan pundi-pundi gol hingga babak pertama usai. Garuda Asia unggul 1-0 atas Palestina.

Selepas jeda babak pertama, Timnas Indonesia berhasil menambah gol menit ke-51. Berawal dari sepakan melekung Habil Abdillah ke pojok kiri gawang Palestina, bola tak bisa dicapai oleh Mohammad Abushaqra. Indonesia berhasil unggul 2-0 pasca terciptanya gol.

Palestina sempat punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan dari penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah tusukan Ahmed Sulaiman dijegal oleh Andrika. Husam Alshaer yang maju sebagai eksekutor sepakannya membentur mistar.

Bola yang muntah sebenarnya bisa disambar lagi oleh Alshaer jadi gol. Namun, gol ini tak sahkan karena bola penalti yang membentur tiang tanpa ditepis kiper tak boleh disambar langsung penendang.

Palestina tak mengendurkan permainannya di lapangan. Meski demikian, akhir yang buruk membuat mereka sering membahayakan Garuda Asia. Indonesia bisa mempertahankan keunggulan 2-0 hingga babak kedua berakhir.

Penulis
Ahmad Efendi
Editor
Andre Dimas Fernando

Tags :