Jokowi: Kolaborasi UMKM dan Pengusaha Bisa Mengatasi Inflasi

Rabu, 12 Oktober 2022 - 15:47
Bagikan :
Jokowi: Kolaborasi UMKM dan Pengusaha Bisa Mengatasi Inflasi
(sumber foto/kanal youtube sekertariat presiden)

alfikr.id, Jakarta- Presiden Jokowi berpesan kepada para investor untuk melibatkan pengusaha lokal di tingkat daerah. Hal itu disampaikan dalam forum Investor Daily Simmit 2022, Jakarta, Selasa (11/10/2022) yang mengusung tema “Optimism in Uncertainty”.

Maka dari itu, dia berharap untuk selalu optimis meskipun keadaan ekonomi tidak bisa diprediksi. Sebab, semua negara tengah dilanda krisis.

Menurutnya, negara Indonesia ini masih dibilang cukup aman dari pada negara-negara lain. Karena inflasi masih bisa terkendali dan pertumbuhan ekonomi menduduki angka terbaik pada kuartal II yakni 5.44 persen. Tetapi jangan sampai lupa untuk tetap selalu waspada.

Untuk menghadapi inflasi ini, bagi Jokowi, tidak hanya mengandalkan ekonomi makro-mikro dan menaikan suku bunga saja. Namun juga dengan memberikan kewenangan kepada Bupati/Walikota bahkan Gubernur boleh menggunakan dana tranfer umum dan biaya tak terduga sekitar dua persen untuk mengatasi inflasi ini. Apalagi ditambah dengan komitmen mengkonsumsi produk dalam negeri.

Itu sebabnya, Jokowi menilai pentingnya kolaborasi antara UMKM, pengusaha menengah dan pengusaha besar supaya bisa bersatu untuk membangun ekonomi yang lebih kuat. 

“Syukur-syukur bisa masuk pasar global,” pungkasnya. Ia juga menggaungkan hilirisari industri. Bagi dia dengan cara ini Indonesia akan lebih maju.

“Maka dari itu, hilirisasi, ini menjadi kunci kita lebih maju,” imbuhnya.

Penulis
Achmad Syaifuddin
Editor
Badrul Nurul Hisyam

Tags :