Data Fabric: Platform Manajemen untuk Meminimalkan Kerumitan dan Biaya di Sebuah Perusahaan

Minggu, 23 Oktober 2022 - 19:23
Bagikan :
Data Fabric: Platform Manajemen untuk Meminimalkan Kerumitan dan Biaya di Sebuah Perusahaan
Gartner: Data fabric menyatukan data terintegrasi dari berbagai sumber dan mengirimkannya ke berbagai konsumen data. [Sumber: jiagoushi.pro]

alfikr.id, Probolinggo- Setiap perusahaan memang mempunyai platform data yang berbeda sesuai dengan lini bisnis tertentu. Misalnya, perusahaan mungkin memiliki platform data sumber daya alam, platform data rantai pasokan, data pelanggan, serta data di lingkungan yang disimpan di tempat berbeda dan terpisah meski berpotensi tumpang tindih.

Untuk meminimalisir tumpang tindih tersebut, data fabric akan menjadi jawaban dari semua masalah di setiap perusahaan. Karena, data fabric dapat menyederhanakan manajemen data, fokus pada proses penyerapan data secara otomatis, dan dapat mengintegrasikan beragam jenis data untuk kesuksesan bisnis.

Data fabric juga menyediakan akses universal ke pelbagai sumber data, serta platform manajemen data yang mempercepat penyerapan data untuk meminimalkan kerumitan dan biaya.

Selain itu, data fabric juga mampu memberikan standarisasi praktik manajemen data pada seluruh cloud. Serta bisa memfasilitasi semua hal melalui penggunaan inteligen dan sistem otomatisasi.

Fitur penyimpanan data dan system file pengiriman data dengan cepat secara otomatisasi proses, workflow, dan pipeline juga dimiliki data fabric. Tujuannya tak lain hanya untuk meminimalkan kerumitan dalam merampingkan data.

Dalam fitur data fabric, manajemen data sangat tersistem dan efektif, dengan memiliki tiga fitur utama: tampilan 360-Degree, analisis internet of things, dan analitik real-time.

Adapun beberapa lapisan yang dimiliki oleh data fabric sebagai berikut;

  1. Data management layer

Lapisan ini sebagai tanggung jawab terhadap tata kelola dan keamanan data.

  1. Data ingestion layer

Data ini sebagai penyatuan data agar dapat menyambungkan koneksi antara data terstruktur dan tidak.

  1. Data processing

Data akan disempurnakan untuk dapat memastikan bahwa data muncul saat diekstraksi hanya data yang relevan.

  1. Data orchestration

Lapisan data ini akan diubah, diintegrasikan, dan bersihkan sehingga dapat dipergunakan.

  1. Data discovery

Data ini merupakan data peluang baru untuk mengintegrasikan sumber data yang berbeda.

  1. Data access

Lapisan ini memungkinkan konsumsi data serta memastikan izin bagi tim tertentu untuk mematuhi peraturan.

Manfaat platform terpadu ini bisa membantu perusahaan saat memantau biaya, kinerja, dan efisiensi di manapun. Data fabric juga dapat digunakan untuk wawasan bisnis, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk integrasi data.

Di samping itu, platform tersebut juga dapat mengosongkan bandwidth, sehingga tim di suatu perusahaan bisa menghabiskan banyak waktu untuk membangun pengalaman secara digital yang relevan.

Sumber Informasi:

https://www.ibm.com/topics/data-fabric

https://www.netapp.com/data-fabric/what-is-data-fabric

Penulis
Ibrahim La Haris
Editor
Adi Purnomo S

Tags :