Terima Kunjungan Perdana Menteri Palestina, Jokowi: Indonesia Mendukung Kemerdekaan Palestina

Senin, 24 Oktober 2022 - 16:45
Bagikan :
Terima Kunjungan Perdana Menteri Palestina, Jokowi: Indonesia Mendukung Kemerdekaan Palestina
Presiden Joko Widodo (kanan) menyambut kedatangan Perdana Menteri Palestina Mohammad IM Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Palestina Mohammad IM Shtayye

alfikr.id, Jakarta-Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam pertemuan itu ada sejumlah kesepakatan.

Usai pertemuan, Shtayyeh berharap Indonesia menyampaikan dukungan kemerdekaan Palestina pada acara Presidensi G20, yang akan diselenggarakan pada November 2022.

"Kami juga telah membahas dengan Pak Presiden (Jokowi), tentang penyelenggaraan G20. Pada beberapa waktu ke depan, kami mendoakan semoga Indonesia sukses menyelenggarakan G20 tersebut, dan kami berharap Indonesia bisa sampaikan pesan dukungan kepada Palestina di forum G20," ujar Shtayyeh, Senin (24/10/2022) dikutip dari Kompas.com

“Bantuan pengembangan kapasitas untuk mempersiapkan negara Palestina yang merdeka,” kata Shtayyeh. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan, Indonesia terus mendukung kemerdekaan Palestina. Sehingga, semua warga Palestina dapat merasakan hidup yang bebas tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

"Saya juga menyampaikan dukungan Indonesia agar Palestina menjadi anggota penuh di PBB," ucap dia.

Jokowi menegaskan Indonesia dan Palestina sepakat membangun otoritas obat dan makanan independen. Jokowi mengatakan, kerja sama itu dilakukan sebagai bentuk perhatian Indonesia kepada Palestina. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kata Jokowi, Indonesia telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 2 ribu warga Palestina. Sedangkan pada pertemuan itu telah ditandatangani MoU pembangunan kapasitas untuk mendukung pendirian otoritas obat dan makanan independen di Palestina. 

Lebih lanjut, Jokowi mengaku gembira hubungan perdagangan Indonesia dengan Palestina terus meningkat. Jokowi menyebut, perdagangan kedua negara terus meningkat dari awal hingga pertengahan 2022.

"Pada Januari sampai Juli 2022 naik 21,28 persen dibanding tahun lalu. Indonesia telah memberikan fasilitas unilateral berupa pembebasan bea masuk untuk kurma dan zaitun dari Palestina ke Indonesia, dan akan diteruskan nanti untuk produk-produk yang lain dari Palestina," kata dia.

"Ini merupakan bentuk lain dukungan Indonesia kepada Palestina, dan Indonesia berharap kerja sama ekonomi dapat terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang," ujar Jokowi.

Penulis
Abdul Razak
Editor
Adi Purnomo S

Tags :