Hilangkan Pungli di Koprs Bhayangkara, Kapolri: Alasan Setoran ke Atasan Tolong Ditiadakan

Senin, 24 Oktober 2022 - 17:42
Bagikan :
Hilangkan Pungli di Koprs Bhayangkara, Kapolri: Alasan Setoran ke Atasan Tolong Ditiadakan
Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). [Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net]

alfikr.id, Jakarta-Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bakal mencopot anggota Polri yang terbukti melakukan atau menerima setoran. 

Sigit mengatakan adanya setoran membuat terjadinya pungli di Korps Bhayangkara. Hal ini disampaikan Kapolri melalui akun instagramnya @listyosigitprabowo.

“Tentunya kita-kita yang atasan-atasan ini juga harus mengurangi hal-hal atau menghilangkan hal-hal yang membuat anggota kemudian memiliki alasan untuk melakukan pungli, dengan alasan setoran ke atasan. Ini tolong ditiadakan,” ujar Listyo melalui rekaman video yang diunggah Senin (24/10/2022).

Listyo juga menegaskan tidak ingin lagi mendengar ada anggota Polri yang sedang sekolah namun dipungut biaya. Kapolri Listyo lagi-lagi menegaskan untuk menindak anggota yang terbukti menerima setoran dari bawahan. Apalagi kata dia, anggota tersebut membawa namanya.

“Termasuk kalau bawa nama saya tangkap, laporkan. Kita sepakat di mabas enggak ada yang seprti itu,” kata dia.

Lebih lanjut, Kapolri menegaskan pada seluruh Kapolda hingga Kapolres bisa menindak anggota yang menerima setoran.

“Tidak ada untuk menempatkan jabatan harus bayar, tidak ada sekolah harus bayar. Berikan penilaian yang objektif terkait prestasinya. Kita dari mabes akan lihat yang sma. Hilangkan hal seperti itu,” jelas Kapolri. 

Penulis
Abdul Razak
Editor
Adi Purnomo S

Tags :