Biaya Pendidikan SMA di Jakarta Termahal se-Nasional

Rabu, 26 Oktober 2022 - 23:04
Bagikan :
Biaya Pendidikan SMA di Jakarta Termahal se-Nasional
Seberapa mahal biaya pendidikan tingkat SMA di Jakarta. Ilustrasi Uang Sekolah [Sumber: Tim Infografis: Zaki Alfarabi & Mindra Purnomo]

alfikr.id, Probolinggo- DKI Jakarta dikenal sebagai kota dengan biaya hidup yang sangat mahal, tak membuka sektor pendidikan. Seperti biaya tingkat sekolah menengah atas (SMA) di Ibu Kota merupakan yang termahal di Indonesia.

Rata-rata biaya pendidikan SMA di Jakarta menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai Rp11,6 juta per tahun ajaran 2020/2021. Angkat tersebut jauh lebih tinggi dari rata-rata nasional sebesar Rp.7,8 juta.

10 Provinsi dengan Rata-rata Biaya Pendidikan SMA Termahal (TA 2020/2021). [Sumber: databoks]

Tak ayal, jika Jakarta menjadi pusat sekolah termahal di Indonesia. Contohnya, sekolah Internasional swasta Intercultural School (JIS) di Jakarta Utara, mematok biaya pendidikan hingga Rp.496 juta per-tahun.

Selain itu, Provinsi Banten menduduki urutan kedua setelah Jakarta, dengan rata-rata biaya pendidikan SMA sebesar Rp.10,32 juta pada periode yang sama. Diikuti oleh Kalimantan Timur Rp.10,27 juta, dan Kepulauan Bangka Belitung Rp.9,95 juta.

Sebaliknya, Provinsi dengan biaya pendidikan termurah adalah Sulawesi Tenggara. Karena rata-rata biaya di provinsi tersebut hanya Rp.4,78 juta per tahun ajaran 2020/2021.

Penulis
Adi Purnomo S
Editor
Andre Dimas Fernando

Tags :