Benarkah, Harapan Membuat Seseorang Depresi?

Selasa, 27 Desember 2022 - 18:22
Bagikan :
Benarkah, Harapan Membuat Seseorang Depresi?
Ilustrasi seseorang sedang depresi. [alodokter.com]

alfikr.id, Probolinggo - Setiap orang tentu memiliki harapan yang ingin dicapai untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Namun, tidak semua harapan bisa tercapai sehingga membuat depresi pada seseorang.

Mengenal Apa itu Depresi?

Melansir dari website kemenkes.go.id, depresi merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan rasa sedih yang berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap kegiatan-kegiatan yang biasanya kita lakukan dengan senang hati. Tanda berikutnya adalah berhenti menjalankan kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari setidaknya selama dua minggu.

Seseorang yang memiliki depresi biasanya memiliki beberapa gejala seperti, kehilangan energi, perubahan nafsu makan, gangguan tidur, cemas, menurunnya kemampuan berkonsentrasi, ketidakmampuan membuat keputusan, rasa tidak tenang, perasaan tidak berguna, bersalah atau putus asa, dan pikiran-pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.

Mengenal apa itu harapan?

Mengutip dari wikipedia, harapan adalah bentuk dasar dari kepercayaan terhadap sesuatu yang diinginkan akan didapatkan. Sederhananya, harapan sesuatu yang diharapkan . Dilain sisi, adakalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu. Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha.

Harapan Pemicu Depresi 

Dilansir dari kompas.com, perasaan kecewa yang timbul karena tidak tercapainya suatu harapan akan menimbulkan perasaan bersalah serta tidak berdaya. Kondisi tersebut akan semakin parah ketika rasa bersalah dan tidak berdaya tersebut muncul secara terus-menerus sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari. Kondisi itu menjadi salah satu penyebab depresi.

Terdapat beberapa gejala depresi yang akan muncul karena tidak tercapainya harapan yang dimiliki. Gejala depresi akan muncul selama setidaknya dua minggu dan seseorang bisa dipastikan menderita depresi.

Untuk menangani depresi perlu dilakukan beberapa cara, diantaranya: 

1. Ajak individu berbincang santai tentang kondisi mereka

2. Habiskan waktu dengan teman dekatnya

3. Bangun kebiasaan sehat

4. Beri individu kesempatan untuk mengekspresikan dirinya.

5. Lindungi individu dari lingkungan atau suasana yang penuh tekanan

Penulis
Badrul Nurul Hisyam
Editor
Abdul Razak

Tags :