Makna Satu dan Pita Berwarna Emas Dalam Logo Harla Nu

Selasa, 03 Januari 2023 - 03:38
Bagikan :
Makna Satu dan Pita Berwarna Emas Dalam Logo Harla Nu
Logo resmi Harlah 1 Abad NU. [Foto: Istimewa]
alfikr.id, Jakarta- Dalam rangka memperingati hari lahir (Harlah) NU yang ke-1 abad, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengadakan kegiatan dengan mengusung tema “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru”. Kegiatan tersebut puncaknya akan berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. pada 07 Februari 2023 mendatang.

“Allah Swt setiap 100 tahun akan membangkitkan di kalangan umat ini pembaharu,” ungkap Ketua umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf menerjemahkan sebuah hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, dilansir dari NU Online. 

Mengutip dari peradaban.id Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari pada waktu itu megumpulkan para kiai-kiai sepuh untuk membangun gerakan ulama di Surabaya, hal ini kemudian menjadi saksi sejarah. Sehingga NU pada 16 Rajab 1344 Hijriah atau 31 Januari 1926 Masehi resmi berdiri.

Menurut Gus Yahya, penetapan hari lahir NU tidaklah asal-asalan, melainkan disesuaikan dengan waktu dan tempat dimana NU dilahirkan pada 100 tahun silam. “NU sebagai organisasinya para ulama kala itu dilahirkan di Surabaya, Jawa Timur pada hari Ahad 16 Rajab 1344 Hijriah, yakni bertepatan pada 31 Januari 1926 Masehi,” jelasnya.

Pada saat Muktamar Nahdlatul Ulama ke-32 di Makassar, Sulawesi Selatan para pengurus telah menetapkan peringatan Harlah NU akan dilaksanakan berdasarkan kalender hijriah. Di dalam penanggalan Qamariyah atau Hijriah, NU saat ini tengah memasuki usia 100 tahun atau satu abad.

Makna logo
Pada 20 Juni 2022 lalu, PBNU mengeluarkan logo dalam peringatan satu abad NU. Logo tersebut didesain dengan kandungan makna yang sangat mendalam dan sejalan dengan tema peringatan Harlah NU. 

Menukil dari NU Online, konfigurasi angka 1 berwarna hijau dalam logo tersebut memiliki makna seabad kiprah NU dalam menegakkan diri sebagai organisasi umat Islam terbesar, sementara stilisasi angka 2 berbentuk pita berwarna keemasan memberi kesan gerakan yang tumbuh.

Selain itu, angka 1 juga  melambangkan visi dan proyeksi NU untuk mendigdayakan NU dalam menjemput abad keduanya dengan kebangkitan baru sebagaiman tema yang diangkat. Sedangkan Warna emas pada pita mencerminkan optimisme dan melambangkan visi mulia yang hendak diraih.
Penulis
Ahmad Rifa'i
Editor
Zulfikar

Tags :