Artificial intelligence : Ancaman atau Peluang Bagi Para Pekerja?

Selasa, 03 Januari 2023 - 03:38
Bagikan :
Artificial intelligence : Ancaman atau Peluang Bagi Para Pekerja?
ilustrasi Artificial Intelligence (SHUTTERSTOCK/Phonlamai Photo)

Alfikr.id – Dalam era teknologi yang semakin canggih, Artificial Intelligence (AI) telah menjadi trenddi kalangan anak muda. Salah satunya ChatGPTOpenAI. ChatGPT (Generative Pretrained Transformer) merupakan semacam chatbot (robot percakapan) yang dapat mensimulasikan layaknya percakapan dengan manusia asli.

chatbot (robot percakapan), ini merupakan produksi dari perusahan OpenAI besutan Elon Musk dan Sam Altman pada tahun 2015 silam. Perusahaan tersebut berfokus pada penelitian kecerdasan buatan.

ChatGPT merupakan salah satu website yang diengkapi dengan jutaan dokumen dan tersebar secara online, sehingga dapat menyesuaikan dengan pertanyaan berbagai macam bahasa dan gaya penulisan yang berbeda. Tak hanya itu, ChatGPT juga dapat mempermudah kalangan pelajar atau pun mahasiswa untuk mengerjakan tugas dengan cepat, menerjemahkan bahasa, membuat resume dan pembuatan kalimat yang terlihat alami.

Selain itu, kelebihan ChatGPT ialah mengerjakan tugas dengan cepat, lanataran diiwebsite ini para pelajar atau mahasiswa dapat mencari tahu jawaban tentang pertanyaan yang diajukan. Selain itu, ChatGPT juga bisa menulis cerita, bahkan bisa membuat kode pemograman.

Dilansir dari Tempo.co ChatGPT Belakangan ini ramai dimainkan oleh kalangan anak muda, bahkan banyak anak muda yang memamerkan hasil percakapan mereka bersama ChatGPT di sejumlah media social, seperti Twittwer dan Tik Tok. Sehingga, teknologi baru ini menjadi perbincangan publik dan mendapatkan banyak penimat.

Meski ChatGPT memiliki berbagai macam fitur dan kelebihan dalam memudahkan pekerjaan seseorang, teknologi produksi OpenAI ini memiliki potensi menjadi ancaman bagi para pekerja. Karna tidak menuntut kemungkinan di era perkembangan teknologi ini apapun bisa terjadi termasuk AI dapat menggantikan peran manusia.

Akan tetapi, apabila dapat dikelola dengan baik, AI dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan yang memakan waktu berjam-jam dan menguras banyak tenaga, sehingga manusia bisa lebih fokus dengan pekerjaan yang lebih bermanfaat dan dapat meningkatkan prokdutivitas.

Selain itu,Adaptasi juga perlu dilakukan untuk menilai apakah AI merupakan peluang atau ancaman bagi pekerjaan manusia. Oleh karna itu, pemerintah dan pelaku bisnis harus memantau terus perkembangan Artificial Intelligence (AI), sehingga dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengelolanya.

Penulis
Sukma Agung Adi Luwih
Editor
Imam Sarwani

Tags :