Piala AFF 2022: Timnas Indonesia, Siap-siap bertemu Vietnam

Selasa, 03 Januari 2023 - 05:04
Bagikan :
Piala AFF 2022: Timnas Indonesia, Siap-siap bertemu Vietnam
Pesepak bola Timnas Indonesia Marc Klok bersama rekan timnya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK),/[foto : TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN]

alfikr.id, Jakarta- Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2022, setelah memenangkan laga terakhir di Grup A melawan Filipina dengan skor akhir 2-1. Dengan status runner up di Grup A, kemungkinan besar akan bertemu Vietnam di laga empat besar.

Pertandingan terakhir Grup A Piala AFF 2022 mempertemukan Filipina vs Indonesia. Duel berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Filipina, Senin (2/1/2023) malam WIB. Indonesia unggul terlebi dahulu melalui dua gol di babak.

Dua gol tersebut dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Masrselino Ferdinand. Namun, setela memasuiki paruh waktu kedua Filipina berhasil memperkecil ketertinggalan melalui Jens Rasmussen. Skor 2-1 tak berubah sampai wasit meniupkan peluit panjang bertanda laga telah usai.

Kemenangan Indonesia atas Filipina tidak mengubah posisi Indonesia di klasemen Grup A. Witan Sulaeman dan kawan-kawan harus puas finis runner up di bawah Thailand yang melaju sebagai juara grup.

Di lain pertandingan Gajah Perang atau Thailand berhasil menaklukkan Kamboja 3-1 dalam laga terakhir di fase grup. Thailand menduduki posisi pertama Grup A dengan keunggulan selisih gol atas Indonesia yang sama-sama meraih 10 poin.

Timnas Indonesia yang finis di runner up kemungkinan akan bertemu Vietnam di babak semifinal. Anak asuh Shin Tae Yong itu akan memainkan dua leg, leg pertama Jum’at (6/1/2023) di kandang Indonesia yang berlangsung Stadion Gelora Bung Karno, sementara leg kedua Senin (9/1/2023) bertandang ke markas Negeri Paman Ho atau Vietnam.  

Pertemuan Indonesia dan Vietnam akan terjadi apabila  Negeri Paman Ho ini berhasil menumbangkan myanmard dan menduduki puncak klasemen Grup B dengan 10 poin.

Pelatih Vietnam, Park Hang Seo, menegaskan timnya bertekad lolos ke semifinal sebagai jawara Grup B. Terlebih, dia ingin memberikan kemenangan pertama di tahun 2023 untuk masyarakat Negeri Paman Ho.

“Pertandingan berikutnya melawan Myanmar akan menjadi pertandingan pembuka sepakbola Vietnam tahun 2023. Tahun ini penuh acara untuk tim nasional. Saya ingin memastikan Vietnam akan melaju ke semifinal dengan posisi teratas di Grup B,” kata Park Hang Seo, dikutip dari The Thao247.

Penulis
Khoirul Anam
Editor
Imam Sarwani

Tags :