Momentum Abad Kedua Penanda Kebangkitan NU

Selasa, 07 Februari 2023 - 14:20
Bagikan :
Momentum Abad Kedua Penanda Kebangkitan NU
Foto: Presiden Joko Widodo menghadiri Resepsi Puncak Satu Abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur, 7 Februari 2023 (Tangkapan layar youtube Setpres RI)

Alfikr.id, Sidoarjo- Puncak Acara Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) bertempat di Stadion Delta Sidoarjo, Selasa (07/02/2023). Kegiatan tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, terima kasih dan bersyukur atas peran NU untuk bangsa dan negara. Selama Satu Abad, kata dia, NU telah memberikan warna yang sangat luar biasa untuk ibu pertiwi Indonesia. Keislaman dan keindonesian, keislaman dan kebangsaan, persatuan dan kesatuan, serta kerukunan dalam keberagaman.

“Memasuki Abad Kedua Insya Allah NU akan tumbuh semakin kokoh, menjadi teladan dalam keberislaman yang moderat. Memberikan contoh hidup adab Islam yang baik, menjunjung akhlaqul karimah dan adat ketimuran, tatakrama, unggah-ungguh, etika yang baik dan adab yang baik. Dan menjaga tolerasi, menjaga persatuan, menjaga kegotongroyongan serta terus mengikuti perkembangan zaman,” terangnya.

Jokowi menjelaskan bahwa sebagai organisasi terbesar di dunia NU layak berkontribusi untuk masyarakat internasional. Dia menegaskan pemerintah sangat menghargai upaya PBNU untuk ikut membangun peradaban dunia yang lebih baik dan lebih mulia. 

Sebagai organisasi Islam yang mengakar kuat di masyarakat, Jokowi mengatakan, NU telah menjaga ketahanan masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan, dalam menghadapi pandemi Covid-19, dalam menghadapi hantaman gerakan-gerakan radikal termasuk menjaga diri dari politik identitas dan ekstremisme.

“Di tengah gelombang perubahan, NU harus terdepan dalam membaca gerak zaman, membaca perkembangan teknologi dan transformasi ekonomi, dan menjaga tatanan sosial yang adil dan beradab. Saya berharap lembaga pendidikan di NU agar mempersiapkan nahdliyin-nahdliyin muda, yang menguasai iptek terbaru, menguasai teknologi digital yang berkembang pesat, dan mampu menjadi professional-profesional yang unggul,” jelas Jokowi.

Dia berharap agar NU merangkul dan memberi perhatian serius kepada generasi muda agar tetap mengakar kuat kepada tradisi dan adab Ahlussunnah Wal Jamaah serta terus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

“Semoga momentum Abad Kedua NU ini, menjadi penanda kebangkitan baru NU, memperkokoh keislaman dan keindonesian, meningkatkan kesejahteran umat serta membangun masa depan Indonesia yang maju dan beradab,” imbuhnya.

Penulis
Khoirul Anam
Editor
Adi Purnomo S

Tags :