Wisata Brak Seng Primadona yang Menawan di Desa sumberrantas

Selasa, 14 Maret 2023 - 19:38
Bagikan :
Wisata Brak Seng Primadona yang Menawan di Desa sumberrantas
Wisata Brak Seng merupakan kawasan pertanian di desa sumberrantas, Kota Batu Malang, Jawa timur,[ akun Instagram brakseng].

alfikr.id, Malang- Berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Batu menggunakan kendaraan sepeda motor ataupun roda empat dengan melewati jalan yang menanjak dan berkelok-kelok. 

Meskipun jarak tempuhnya  terbilang cukup jau para pengunjung tak perlu khawatir karena jalanya masih mulus sehingga muda di lewati, selain itu para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan selama perjalanan sehingga tak membosankan.

Desa yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota ini merupakan Desa sumberrantas, Malang, Jawa Timur. Desa tersebut akrab di sebut desa kaki langit, ada juga yang menyebut desa di atas awan.

Desa sumberrantas ini terletak di atas ketinggian 1400 hingga 1700 mdpl. Meski terletak di atas kaki gunung desa tersebut memiliki lahan pertanian yang cukup subur. Selain itu, memiliki beragam hasil bumi yang berkualitas. Dengan memiliki pertanian yang kental sehingga desa tersebut menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa.

Kepala Desa Sumberbrantas, Juadi mengungkapkan, di Desa Sumberrantas terdapat wisata pertanian, kuliner, wisata alam. selain itu, desa ini menjadi salah satu desa di Kota Batu yang memiliki kekayaan alam berupa pemandian air panas.

“Kita punya Sumber Air Panas Alam, Cangar yang dikelola oleh Perhutani. Di desa kami ini juga terdapat sumber air Sungai Brantas yang merupakan titik nol dari air yang mengaliri Sungai Brantas,” ungkap judi.

Dengan kekayaan alam yang di miliki sehingga Desa Sumberrantas bisa menjadi salah satu wisata bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Malang. Konon jika membasuh muka di sumber air Brantas dapat membuat awet muda.

Di Desa Sumberrantas terdapat kawasan wisata pertanian yang cukup terkenal bernama Brak Seng. Kawasan pertanian ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu, para wisatawan dapat berfoto dengan hiasan tanaman sayuran atau holtikultura yang ditanam rapi. 

Hanya saja kawasan wisata Brak Seng beberapa saat ini, Pemerintah Desa menutup kawasan pertanian untuk wisata.

Selain memiliki kawasan wisata pertanian, kawasan ini juga terdapat beberapa tempat kuliner yang menawarkan suasana alam dan keindahan hamparan pemandangan alam nan elok.

Wisatawan tinggal memilih tempat kuliner yang pas, di tempat ini terdapat beberapa lokasi kuliner, mulai dari Teras Tegal, Kedai Gazebo atau Taman Gimbo.

Penulis
Zulfikar
Editor
Adi Purnomo S

Tags :