Pesan KH. Moh. Zuhri Zaini: Santri Harus Menjaga Akhlak Ketika Pulang

Jum'at, 07 April 2023 - 02:34
Bagikan :
Pesan KH. Moh. Zuhri Zaini: Santri Harus Menjaga Akhlak Ketika Pulang
“Jagalah akhlak dan aturan kita. Kita berdisiplin dengan aturan, baik aturan pesantren, agama, dan negara. Kita harus ikuti dan taati,” pesan KH. Moh. Zuhri Zaini. [Tangkapan layar Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid]

alfikr.id, Probolinggo - KH. Moh. Zuhri Zaini, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, memberikan arahan kepada para santri yang menjalankan aktivitas libur Ramadhan 1444 H, di Masjid Jami’ Nurul Jadid, Rabu, (05/04/2023) Malam.

Beliau menyampaikan bahwa para santri harus bisa menjaga akhlak dan aturan. Karena, menurut beliau, santri selalu disiplin baik di pesantren maupun di luar pesantren.

“Jagalah akhlak dan aturan kita. Kita berdisiplin dengan aturan, baik aturan pesantren, agama, dan negara. Kita harus ikuti dan taati,” pesan KH. Moh. Zuhri Zaini.

Selain itu, KH. Moh. Zuhri Zaini juga mengajak para santri agar senantiasa memanfaatkan waktu liburan sebaik mungkin. Sebab, banyak kegiatan positif yang bisa santri lakukan di masyarakat. Misalnya, salat berjamaah, tadarusan, maupun kegiatan sosial masyarakat lainnya.

“Belajar mengabdi terhadap orang tua dan saya berharap para santri mengikuti aktivitas-aktivitas keagamaan di masyarakat,” harap-nya.

Para santri juga harus memperhatikan dengan sebaik-baik mungkin akhlaknya, perilaku yang sopan, beretika, dan menghargai antar sesama. Sebab, ilmu mempengaruhi terhadap kepribadian dan karakter yang kita lakukan sehari-hari.

“Jangan sampai salah memaknai liburan. Liburan bukan berarti bisa beraktivitas sebebas-bebasnya karena tidak di pondok. Liburan itu harus diatur sendiri sebagaimana mestinya agar tidak berdampak kepada hal-hal yang buruk,” pesan beliau.

Lebih lanjut, hal yang sangat dikhawatirkan ketika santri pulang, yaitu terpengaruh budaya-budaya negatif, seperti mengikuti hawa nafsu. 

“Keinginan nafsu sering menjerumuskan kita pada hal-hal yang buruk. Karena itu, kalau keinginan nafsu kita tidak baik, maka lawanlah. Kalau kita ingin selamat, jangan turuti hawa nafsu kita,” pesan KH. Moh. Zuhri Zaini kepada para santri.

Semoga setelah selesai mondok, kata beliau, para santri menjadi lebih baik ketimbang sebelum mondok. Namun, beliau menambahkan, jangan merasa sudah baik, karena manusia didunia ini masih berproses, dan belum final. Kecuali sudah meninggal.

Penulis
Ibrahim La Haris
Editor
Adi Purnomo S

Tags :