KPK Soroti Rekening Gendut 10 Kepala Daerah

Sabtu, 10 September 2016 - 23:18
Bagikan :
KPK Soroti Rekening Gendut 10 Kepala Daerah
Gedung KPK RI

BANDUNG, ALFIKR.CO - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, berjanji akan mengusut 10 kepala daerah yang memiliki rekening gendut. Menurutnya, tanpa disuruhpun, KPK akan bergerak mendalami temuan tersebut. 

Bagi KPK, persoalan rekening gendut milik kepala daerah adalah hal yang biasa. Bahkan jumlahnya tidak hanya sepuluh seperti yang disebutkan oleh Menteri Dalam Ngeri, Tjahjo Kumolo yang mendapat laporan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

"Rekening gendut itu sesuatu yang umum. Tapi kami tidak perlu menyebut siapa saja dana nama para pemilik rekening tersebut," terang Saut, Sabtu (10/9/2016). 

Untuk mengusut rekening gendung tersebut, KPK membutuhkan kerjasama dengan PPATK. Sebab datanya ada di PPATK. Data tersebut akan diberikan ke KPK ketika sudah ada permintaan dari KPK sendiri. 

"Yang lebih tahu rician pemilik rekening gendut ada PPATK. Oleh sebab itu kami akan berkoordinasi," ungkapnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR, Riza Patria menjelaskan, soal rekening gendut pejabat daerah sudah lama. Oleh karena itu, KPK harus segera melakukan pengusutan.*

Penulis
Elang Mulia
Editor
Ahmad Efendi

Tags :