Mark Zuckerberg Rilis Aplikasi Threads Menjadi Saingan Twitter

Minggu, 09 Juli 2023 - 18:05
Bagikan :
Mark Zuckerberg Rilis Aplikasi Threads Menjadi Saingan Twitter
Tampilan Threads dilaman unduhan. (Sumber Foto: Threads, an Instagram)

alfikr.id, Probolinggo- Meta resmi merilis aplikasi baru bernama Threads pada kamis (06/07/23). Tampilan umum yang sama dengan Twitter berpotensi menggeser aplikasi milik Elon Musk itu, apalagi pada 2 Juli lalu, Musk mengumumkan pembatasan jumlah unggahan yang dapat dibaca oleh pengguna perharinya.

"Saya pikir harus ada aplikasi percakapan publik dengan 1 miliar lebih orang di dalamnya. Twitter memiliki kesempatan untuk melakukan ini tetapi belum berhasil. Mudah-mudahan kami akan melakukannya." Ungkap Mark Zukerberg dalam postingan di akun Threads-nya, (5/7/2023).

Dilansir dari detikInet, Threads telah diluncurkan di 100 negara secara serentak termasuk  Indonesia. Kurang lebih selama tujuh jam peluncuran aplikasi,  Threads telah di unduh unduhan lebih dari sepuluh juta orang.

Aplikasi ini, memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dengan pajang hingga 500 karakter. Hal ini jauh lebih tinggi dari 280 karakter yang ditawarkan oleh Twitter. Selain itu, pengguna juga bisa menyertakan foto, video dengan  durasi lima menit beserta tautan web.

Kendatipun menjadi aplikasi sendiri, Threads berkaitan erat dengan Instagram bahkan dapat masuk menggunakan akun Instagram. Username pengguna Instagram tetap ada, namun pengguna bisa menyesuaikan profil mereka khusus  di Threads.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat mengatur siapa yang dapat membalas maupun menyebut akun pengguna. Threads juga memungkinkan untuk memblok, meng-unfollow, ataupun melaporkan sebuah profil. Dan uniknya, akun yang telah di blok di Instagram secara otomatis juga terblok di Threads.

Namun, dikarenakan tergolong baru, aplikasi ini masih memiliki banyak kekurangan. Seperti, tampilan feed masih sebatas dari akun yang diikuti. Selain itu, belum terdapat kolom trending topic layaknya Twitter.

Dengan adanya aplikasi Threads, pengguna Instagram kini memiliki alternative baru untuk berbagi pembaruan teks dan telibat dalam percakapan public yang lebih interaktif. Meski terdapat beberapa kekurangan, dengan mengabungkan fitur-fitur mirip Twitter ke dalam platform Instagram, menunjukkan upaya Meta untuk tetap berinovasi dalam menghadirkan pengalaman media sosial yang lebih variatif bagi penggunanya.

Penulis
Sukma Agung Adi Luwih
Editor
Adi Purnomo S

Tags :