Swedia Menjadi Surga bagi Anak-anak Ekspatriat

Kamis, 22 September 2016 - 09:19
Bagikan :
Swedia Menjadi Surga bagi Anak-anak Ekspatriat
dok foto : allianzkita.files.wordpress.com

ALFIKR.CO - Baru baru ini, HSBC Expat Explorer yang berlokasi di Jersey, merilis ranking negara-negara terbaik-dan terburuk- untuk membesarkan anak (The best and the worst countries to raise a family) di dunia.

Dilansir dari Independent, survey ini menghasilkan 45 negara dari yang terbaik hingga yang terburuk untuk pertumbuhan anak-anak.

Survei  dilakukan kepada para ekspatriat yang tinggal di beberapa negara belahan dunia. Mereka disodorkan sembilan pertanyaan yang menjadi parameter penilaian hasil survey. Sembilan pertanyaan tersebut terkait dengan kehidupan sosial, kedekatan dengan kolega, toleransi, kualitas perlindungan anak-anak, kualitas sekolah, rata-rata biaya anak, kesehatan, integrasi dan kualitas hidup.

Hasilnya, negara-negara Eropa mendominasi daftar negara peringkat terbaik sebagai “surga” untuk membesarkan anak-anak. Swedia, menjadi negara eropa terbaik pertama mengalahkan negara eropa lain seperti Republik Ceko (2), Selandia Baru (4), dan bahkan Inggris (29).

Hampir tiga perempat para ekspatriat atau pendatang di Swedia menyatakan kualitas hidup anak-anak mereka di sana lebih baik  daripada di negeri asal. 41 persen mengaku kualitas pendidikan di Swedia juga lebih baik, dengan 72 persen menganggap biaya pendidikan yang harus mereka kaluarkan lebih murah. Hal ini menjadikan para orang tua ekspatriat merasa tenang hidup di sana.

Yang mengejutkan, Singapura bertengger diperingkat ketiga, di bawah Swedia dan Republik Ceko serta di atas negara-negara maju lainnya. Pencapaian ini menjadikan Singapura sebagai negara Asia paling ideal untuk membesarkan anak, mengalahkan Taiwan (15), Thailand (17), Hongkong (18), dan Filipina (23). Bagaimana Indonesia?

Negeri kita ini ternyata belum menjadi surga bagi para anak-anak ekspatriat. Indonesia hanya berada di peringkat 43, negara terburuk ketiga di antara 45 negara tersurvei, di bawah Korea Selatan dan Chili. Negeri jiran Malaysia, ternyata masih jauh lebih unggul dari Indonesia dengan bertengger di urutan 27 sebagai surganya para ekspatriat untuk membesarkan anak-anaknya.(*)

Penulis
Herjan Mustajab
Editor
Ahmad Efendi

Tags :