Menjelang Liburan Maulid, KH. Moh. Zuhri Zaini Memberikan Arahan kepada Santri

Senin, 25 September 2023 - 08:28
Bagikan :
Menjelang Liburan Maulid, KH. Moh. Zuhri Zaini Memberikan Arahan kepada Santri
KH. Moh. Zuhri Zaini, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid memberikan arahan kepada para santri yang akan menjalankan aktivitas libur maulid 1445 H, di Masjid Jami’ Nurul Jadid, Minggu, (24/09/2023). [Tangkapan Layar YouTube]

alfikr.id, Probolinggo- KH. Moh. Zuhri Zaini, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, memberikan arahan kepada para santri yang akan menjalankan aktivitas libur maulid 1445 H, di Masjid Jami’ Nurul Jadid, Minggu, (24/09/2023).

Beliau berpesan kepada santri agar senantiasa memanfaatkan waktu liburan sebaik mungkin. Banyak kegiatan positif yang bisa santri lakukan di masyarakat. Misalnya, solat berjamaah, mengikuti pengajian, dan perayaan Maulid Nabi.

"Aktivitas atau kegiatan kita lakukan di rumah harus berguna bahkan kalau bisa bernilai ibadah dan harus menyenangkan kepada lingkungan di sekitar kita, terutama orang tua," tutur beliau.

Ketika melakukan aktivitas dan kegiatan di masyarakat, pengasuh berharap, santri mengedepankan ahlakul karimah dan menghargai terhadap sesama, mengamalkan ilmu yang telah dipelajari.

"Momen atau kesempatan yang diberi ini, digunakan sebaik-baiknya dan jadikan ajang untuk mempraktekkan ilmu dan ajang pembuktian bahwa kita ini sesudah mondok ada perubahan ke arah lebih baik sekalipun belum seperti para ustadz," jelas Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid.

Oleh karenanya, santri harus tetap menaati peraturan pesantren meskipun ada di rumah. Kiai Zuhri berharap, wali santri dan para alumni ikut serta mengawasi dan membimbing para santri setiap melakukan aktivitas.

"Pergaulan bebas ini yang perlu saya garis bawahi khususnya antara putra putri, jadi upayakan untuk tidak melakukan kegiatan forum komunikasi santri antara putra dan putri tetap menjaga aturan, baik aturan syariat, agama, dan pesantren maupun aturan negara," tegas KH. Moh. Zuhri Zaini.

Penulis
Ibrahim La Haris
Editor
Imam Sarwani

Tags :