Luar Biasa! Ilmuwan Sulap Kayu Jadi Kaca Transparan

Senin, 30 Mei 2016 - 10:55
Bagikan :
Luar Biasa! Ilmuwan Sulap Kayu Jadi Kaca Transparan
Kayu yang diubah menjadi transparan

College Park, ALFIKR.co - Para peneliti di University of Maryland, College Park, AS berhasil mengubah lempengan kayu menjadi transparan bak kaca.
Untuk memperoleh hasil itu dilakukan dua tahap proses sehingga warna coklat kayu luntur dan bening. Menurut mereka daya isolator kayu transparan ini lebih baik daripada kaca dan lebih mudah diurai tanah ketimbang plastik. Untuk pengaplikasiannya bisa pada jendela, meja, dan alat-alat bangunan lainnya. 

"Kami sangat terkejut, kok bisa transparan," kata Liangbing Hu , seorang ilmuwan material di universitas, yang juga seorang peneliti jurnal Advanced Material . "Ini bisa diterapkan secara luas, yang dapat berpotensi menggantikan kaca dan beberapa materi optik."

Untuk membuat kayu transparan, Dr. Hu dan timnya pertama merebus kayu dalam air, natrium hidroksida dan bahan kimia lainnya selama sekitar dua jam. Pada tahap ini molekul yang disebut lignin atau zat pewarna kayu akan luruh tinggal struktur sel warnanya. Langkah berikutnya adalah untuk menuangkan epoxy untuk memperkuat kayu empat sampai enam kali lipat.

Keunggulan kualitas kayu transparan ini, menurut Dr. Hu adalah terdapat serat-serat dan rongga alamiah yang sudah ada sejak pohon itu masih hidup. Dengan saluran dan serat itulah pohon bisa menarik air dan ion, dan terpaan cahaya langsung. Sedangkan pada kaca dan plastik tidak terdapat bagian-bagian ini.

"Dalam materi tradisional cahaya akan tersebar," katanya. "Kalau sudah begini efek penghantar pada kayu akan membawa cahaya lebih banyak masuk ke dalam rumah Anda."

Namun proses ini masih terbatas. Sejauh papan kayu yang sudah berhasil dibuat sekitar 15 sentimeter persegi dengan ketebalan dari seperti kertas hingga satu sentimeter.

Para ilmuan kini sedang berusaha menerapkan pada balok kayu yang lebih besar. Jika anda bercita-cita ingin punya rumah pohon transparan harus perlu bersabar.*

 

Penulis
Putro Hadi
Editor
Ahmad Efendi

Tags :