Penyakit Kulit Disebabkan Handuk

Sabtu, 02 Desember 2023 - 16:31
Bagikan :
Penyakit Kulit Disebabkan Handuk
Ilustrasi handuk

alfikr.id, Probolinggo- Handuk biasanya terbuat dari bahan katun yang memiliki daya serap tinggi terhadap air yang dapat menyebakan bakteri, jamur, dan virus menjadi tempat berkembang biak apabila handuk tidak terwat. Maka dari itu perlu penjagaan yang baik untuk menghindari infeksi  pada kulit. 

Dikutip dari Republika co.id. Praktisi kedokteran keluarga, Melinda Ratni menyebutkan “handuk basah adalah tempat berkembang biaknya bakteri, jamur, dan virus. Menyeka kulit dengan handuk mandi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, misalnya jock itch (kurap) alias gatal dibagian selangkangan.”

Disadur dari Grid healt .id. Ada tiga penyakit  menular disebabkan handuk tidak terawat sebagaimana berikut: Pertama. Kurap atau Jok itch merupakan penyakit inveksi yang disebabkan Jamur. Kurap dapat menyebabkan ruam dan gatal diarea kulit, biasanya terdapat di tempat lembab dan tertutup, seperti selangkangan.

Kedua. Kudis merupakan infeksi yang disebabkan oleh tunggau yang bernama Sarcoptes Scabie. tunggau ini membuat terowongan di kulit dan dapat menyebabkan benjolan merah kecil, serta rasa gatal yang parah. Biasanya Kudis terdapat diarea yang berhimpitan seperti sela-sela jari tangan, kaki, lipatan paha, lutut, siku dan area disekitar pinggang.

Ketiga. Hepatitis B merupakan penyakit ketiga yang menyebabkan inveksi. Dilansir dari Cleveland Clinic, Hepatitis B dapat menyebabkan seseorang mengalami sirosis (pengerasan jaringan perut), kangker, hati dan kematian.

Penggunaan handuk secara bersama dapat menyebabkan penularan Hepatitis dikarenakan cairan tubuh orang yang terinfeksi dapat melekat didalam handuk, dan menyebabkan penularan. Bahkan seseorang dapat tertular melalui cairan seperti darah, air mani dan cairan tubuh lainnya.

Kebersihan handuk wajid dijaga untuk menghidari pelbagai penyakit. Menurut Pakar kebersihan Rumah dan spesialis pencegahan penyakit menular, Dr. Sally Bloomfield, idealnya handuk dicuci seminggu sekali meskipun tampak bersih. Tidak menutup kemungkinan handuk itu terdapat jutaan Kuman yang dapat menularkan penyakit dan menimbulkan masalah serius bagi kesehatan kulit.

“jika anda tidak mencuci handuk secara rutin, jumlah oraganisme (kuman) di dalam Handuk akan semakin menumpuk. Bahkan kumpulan organisme tersebut akan sulit untuk dihilangkan saat dicuci,” lanjutnya. Resiko penyakit yang disebabkan organisme yang makin menumpuk menyebabkan penularan jika dipakai secara bersamaan, Dan ketika dicuci dapat menularkan bakteri pada cucian yang lain. 

Penulis
Aris Sandi
Editor
Imam Sarwani

Tags :