Liburan Ramadhan, K.H. Moh. Zuhri Zaini: Jagalah Identitas Santri

Sabtu, 30 Maret 2024 - 22:41
Bagikan :
Liburan Ramadhan, K.H. Moh. Zuhri Zaini: Jagalah Identitas Santri
K.H. Moh. Zuhri Zaini, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid. [YouTube Ponpes Nurul]

alfikr.id, Probolinggo- Menjelang liburan Ramadan, K.H. Moh. Zuhri Zaini, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton Probolinggo, memberi arahan kepada para santri di Masjid Jami’ Nurul Jadid, Senin (25/03/2024).

Beliau berpesan pentingnya bagi semua santri untuk memilih lingkungan sosial yang baik ketika pulang ke masyarakat. Sebab, menurut beliau, lingkungan memiliki pengaruh yang besar.

Kata beliau, para santri harus memanfaatkan waktu di rumah untuk belajar bagaimana berinteraksi dengan baik, baik itu dengan anggota keluarga, tetangga, maupun masyarakat sekitar.

“Menjaga adab, menjaga tata krama, kalau yang tadinya kita nda sopan pada orang tua, saudara, tetangga, sekarang harus belajar sopan,” pesan K.H. Moh. Zuhri Zaini.

Sebagai seorang santri, beliau berpesan, harus bisa memilih lingkungan yang baik, serta pergaulan yang baik. Beliau juga berharap agar aturan agama yang sudah diperoleh di pesantren akan tetap diterapkan di rumah masing-masing.

“Harus ada perubahan ketika kita sudah mondok, tidak seperti dulu lagi,” dawuh K.H. Moh. Zuhri Zaini.

Beliau menjelaskan sebagai santri kita harus tetap menjaga kepribadian kita di mana pun berada. Sebab mondok tidak hanya untuk mencari ilmu agama tetapi juga untuk membentuk kepribadian yang baik, sebagai bekal pulang ke masyarakat dan bekal pulang menghadap Allah SWT.

“Jadi, tolong dijaga pergaulannya, dijaga kepribadian santri di mana pun. Karena, kita mondok selain dibekali ilmu agama juga membentuk kepribadian yang lebih baik,” dawuh K.H. Moh. Zuhri Zaini.

Penulis
Aisyah
Editor
Khoirul Anam

Tags :