Pesan K.H. Moh. Zuhri Zaini: KKN untuk Menempa Diri dan Memperbaiki Karakter

Selasa, 09 Juli 2024 - 19:52
Bagikan :
Pesan K.H. Moh. Zuhri Zaini: KKN untuk Menempa Diri dan Memperbaiki Karakter
Arahan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, K.H. Moh. Zuhri Zaini kepada 65 mahasiswa yang akan mengikuti KKN-MBKM, Selasa (09/07/2024). [Sumber Foto : Dokumen LP3M UNUJA]

alfikr,id, Probolinggo- “Untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan nyata, tidak cukup mengandalkan ilmu, karakter dan cara berkomunikasi juga sangat penting,” dawuh Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, K.H. Moh. Zuhri Zaini.

Hal tersebut, disampaikan pada kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-MBKM) yang diadakan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Nurul Jadid (LP3M UNUJA) di Aula mini, Selasa (09/07/2024).

Kiai Zuhri menambahkan, KKN ini adalah kesempatan untuk menempa diri dan memperbaiki karakter kita. Terkadang, teori yang didapatkan di kampus tak selalu sesuai dengan kenyataan. Karena itu, berbaurlah dengan masyarakat untuk belajar dan melengkapi pemahaman yang telah didapatkan selama perkuliahan.

“Jika ingin memperbaiki karakter, berkumpullah dengan masyarakat. Dengan berbaur kita bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan diri kita,” terang beliau.

Selain itu, beliau juga mengingatkan mahasiswa untuk tidak merasa lebih tinggi dari masyarakat. Karena, perasaan seperti itu akan mempengaruhi karakter dan membuat kita menjadi sombong. 

“Jangan pernah merasa lebih tinggi dari masyarakat, karena perasaan seperti itu akan membuat kita sombong” terang Kiai Zuhri.

Beliau berpesan agar senantiasa memanfaatkan waktu KKN dengan sebaik mungkin, penuh tanggung jawab, kerja keras, kerja tuntas, dan kerja Ikhlas. Dan banyak kegiatan positif yang bisa mahasiswa ikuti di masyarakat. Misalnya, solat berjamaah, istighosah dan bekerja sama dengan baik.

“Ikuti kebiasaan dan tradisi masyarakat, seperti kegiatan solawat bersama, tahlil, dan bekerja sama dengan baik dengan masyarakat. Jangan lupa untuk berdo’a dan jika perlu, melakukan istighosah meminta pertolongan kepada Allah agar kegiatan KKN berjalan lancar,” harap K.H. Moh. Zuhri Zaini.

Penulis
Randy Eka Saputra
Editor
Ibrahim La Haris

Tags :